343 Pelajar SMP di Sumbawa Bersaing di KSN, Begini Teknis Seleksinya

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Sebanyak 343 pelajar SMP ikut di ajang Kompetisi Siswa Nasional (KSN) SMP tahun 2021. Babak penyisihan digelar secara online pada 14-15 September 2021.

Bagi yang lulus seleksi di babak penyisihan pertama, maka berhak lanjut ke babak penyisihan kedua yang rencana digelar pada Oktober 2021 mendatang.

”Seleksi tingkat nasionalnya nanti bulan November,” jelas Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SMP, Sudarli, S.Pt, Jumat (17/9/2021).

Ada tiga mata pelajaran yang dilombakan. Matematika, IPA dan IPS.

Menurut Sudarli, KSN tak lagi menggunakan sistem seleksi tingkat kabupaten maupun provinsi. Tapi pelaksanaannya langsung oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Baca juga:  SMPN 3 Moyo Hilir Fasilitasi Siswa dengan Android Selama BDR

KSN digelar secara Daring, terpusat di sekolah masing-masing. Soal dijawab secara online. Pihak sekolah diwajibkan merekam kegiatan dari awal hingga akhir. Untuk memastikan tidak ada intervensi.

”Pelaksanaan di sekolah, dikontrol oleh guru pembina dan dishooting dari awal sampai akhir. Untuk memastikan bahwa tidak ada intervensi,” jelasnya.

Total, ada 108 SMP di Kabupaten Sumbawa. Jika dilihat dari jumlah sekolah, tingkat partisipasi peserta terbilang minim. Hanya 343 orang dari 64 sekolah.

Minimnya tingkat partisipasi disebabkan oleh pandemi yang berkepanjangan. Sehingga banyak sekolah yang tidak mengalokasikan anggaran pembinaan KSN.

Ke depannya, diharapkan semua sekolah berpartisipasi. ”Partisipasi yang kita lihat. Banyangkan dua tahun BDR. Harapan ke depan, ikut semua. Karena ini adalah program nasional. Jadi harus ikut,” ujarnya.

Baca juga:  Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, PMII Bima Tahlilan Dan Do'a Bersama

Prestasi siswa Sumbawa dalam KSN kecenderungannya naik turun. Tahun 2019 lalu, Sumbawa sukses menempatkan salah satu wakilnya sebagai juara II KSN Tingkat Nasional mata pelajaran IPS. Saat itu, kata Sudarli, diwakil SMPN 1 Sumbawa.

Sementara tahun 2020 prestasi menurun. Tak satu pun pelajar Sumbawa yang berhasil tembus ke tingkat nasional. ”Harapan kita, tahun ini bisa ke nasional,” harapnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...