4 Desa Dibina, Inspektorat Beberkan Sejumlah Kelemahan

Bagikan berita

BIMA – Inspektorat Kabupaten Bima melakukan pembinaan terhadap 4 desa di Kecamatan Ambalawi, Rabu (24/2/2021). Yakni, Desa Kole, Rite, Tolowata dan Nipa.

Kepala Inspektorat melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendali Teknis, Syahwal, SE kepada Samota media mengatakan, pembinaan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan administrasi aparat desa.

”Kami datang memberikan pembinaan administrasi. Karena rata – rata kelemahan pemerintah desa adalah terkait dengan administrasi,” bebernya.

Menurutnya, kelemahan Pemdes secara administrasi terkadang menjadi celah untuk dikritik oleh mahasiswa atau masyarakat. ”Bahkan diasumsikan korupsi kalau salah pelaporan. Itu sebabnya pemerintah desa harus bagus administrasinya,” ujarnya.

Selain masalah administrasi, Inspektorat juga memberikan pembinaan terkait keorganisasian lembaga desa. ”Hal ini sangat penting, karena kualitas kerja desa tergantung bagaimana management organisasi kelembagaan desa,” ucapnya.

Baca juga:  Gerbang Diportal, Masuk Desa Batu Bulan Wajib Cek Suhu Badan

Syahwal meminta kepala desa untuk terus memberikan pemahaman yang berkaitan dengan tugas bawahannya. ”Untuk kelancaran kerja Pemdes, berikan pemahaman kepada mereka,” jelasnya.

Di samping itu, Pemdes juga diminta untuk transparan dalam mengelola keuangan desa. Bila perlu setiap program desa dapat dipublikasikan.

“Munculnya kecurigaan – kecurigaan di tengah masyarakat karena kurangnya transparansi Pemdes. Jadi, harus publikasikan biar masyarakat tahu,” tandasnya. (Dir)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...