AlanDesa dibuat untuk keterbukaan informasi publik dan pelayanan terpadu

Bagikan berita

SumbawaРSistem Informasi Desa (SID) merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86. AlanDesa itu sendiri merupakan piranti lunak yang dikembangkan oleh PT. Alan Mediatech Indonesia melalui salah satu anak perusahaannya yaitu Alan Creative.

Dihubungi melalui pesan whatsapp oleh tim Samota Media, menurut Ahmad Alimuddin, S.Kom selaku pimpinan perusahaan mengatakan bahwa AlanDesa SID dihajatkan untuk seluruh desa yang ada di Indonesia dengan harapan mampu membawa perubahan dalam pelayanan dan keterbukaan informasi publik.

Baca juga:  Para Tahanan Rutin Olahraga Serta Cek Kesehatan

“AlanDesa ini kami hajatkan untuk desa-desa yang ada di Indonesia. Harapannya sih ini bisa menjadi bagian dari kontribusi kita untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan reformasi pelayanan publik di desa.” Terang Alim, begitu sapaan akrabnya.

Selain itu, saat ditanyakan mengenai biaya aplikasi ini, Alim mengatakan bahwa Aplikasi ini dapat digunakan dengan gratis oleh seluruh desa yang ada di Indonesia dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Kami menggratiskan aplikasi ini untuk semua desa. Tapi, syarat dan ketentuannya berlaku ya.” Tambahnya.

Aplikasi yang dibuat sejak 2016 itu terus mengalami pengembangan hingga saat ini. Dari beberapa tahun ini saja, aplikasi ini sudah mengalami penambahan fitur yang sangat banyak.

Baca juga:  Sampah Numpuk di Jalan Penghubung 2 Lokasi Wisata, Mahasiswa Wawo Turun Tangan

“Aplikasi kita sudah punya lebih dari 10 fitur yang bisa digunakan desa.” Pungkasnya.(Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...