Awasi Perairan NTB, Puluhan Personil Gabungan Dikerahkan

Bagikan berita

MATARAM,Samotamedia.com – Tim gabungan Polri, TNI dan Bea Cukai menggelar patroli prairan di NTB, Jumat (13/11/2020). Puluhan personil dikerahkan. Dari Polairud Polda NTB 11 personil, bea cukai Mataram 13 personil dan TNI Angkatan Laut 15 personil.

Dir Polairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, M.Si mengungkapkan, patroli digelar di Lembar dan perairan sekitarnya. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 wita hingga pukul 10.30 wita.

Dijelaskan, wilayah Indonesia didominasi Perairan. Sehingga patroli menjadi sangat penting untuk menjamin keamanan dan ketertiban.

”Karena wilayah NTB ini cukup luas dan strategis, terdapat banyak wilayah perairan yang menghubungkan antar pulau, yang artinya wilayah ini menghubungkan perekonomian antar pulau tersebut,” terangnya.

Palaksana Lanal Mataram, Mayor Laut (KH) Awang Setyadi B, S.H mengatakan, TNI AL sangat mendukung penuh gelaran patroli bersama ini.

Baca juga:  Vaksinasi Rencana Dimulai 14 Januari 2021

”Seperti yang kita ketahui banyak stakeholder yang memiliki kepentingan untuk pengamanan di laut. Maka patrol gabungan ini bertujuan salah satunya untuk mensinergikan stakeholder yang terkait dalam penanganan tindak pidana di Laut, mohon dipatuhi SOP dalam patrolinya dan utamakan faktor keselamatan,” kata Wirawan.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bima Ditetapkan Tersangka

Dalam Patroli Bersama kali ini menyasar daerah perairan seputaran Pulau Lombok utamanya di titik-titik rawan masuknya barang illegal dan berbahaya.

Patroli Laut kali ini juga dilaksanakan dalam rangka menandai perjanjian kerja sama antara Bea Cukai dengan Baharkam Polri tentang peningkatan sinergisitas tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Baca juga:  Di Masa Pandemi, Berbagai Karya Putra Putri NTB Tercipta

Pada perjanjian tersebut telah disepakati untuk bersama-sama menyatukan sumber daya, melakukan upaya secara bersama-sama, serta saling bertukar informasi dalam melaksanakan tugas fungsi masing-masing.

Dengan adanya gelaran patroli bersama ini diharapkan meningkatnya sinergitas dan kerja sama antar instansi guna menegakkan hukum dan melindungi masyarakat.

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, I Putu Alit Ari Sudarsono menyatakan sinergisitas antar institusi sangat penting. Terlebih menghadapi perhelatan MotoGp Mandalika 2021.

”Sinergitas sangat diperlukan dari semua pihak agar dapat berjalan dengan baik, sehingga harapannya dengan berjalan baiknya perhelatan moto gp ini akan mendongkrak perekonomian khususnya Lombok sebagai tuan rumah,” ujar Putu Alit. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...