Banyak Desa di Sumbawa Belum Salurkan BLT DD Tahap II, ini Penyebabnya

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap II periode Juli, Agustus dan September sedang berlangsung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ibrahim mengungkapkan, BLT DD tahap I (April, Mei, Juni) telah rampung 100 persen.

Sementara penyaluran tahap II (Juli, Agustus dan September), tengah berlangsung. Untuk progres BLT DD bulan Juli telah mencapai 50,3 persen atau 97 desa. Bulan Agustus 32,5 persen atau 51 desa dan September 10,8 persen atau 17 desa.

”Kenapa masih banyak yang belum karena rata-rata desa masih menunggu penyaluran dana desa tahap III. Dua puluh persen pagu dana desa yang belum masuk,” kata Ibrahim, Rabu (14/10/2020).

Penyaluran DD 20 persen masih terkendala laporan capaian out put dana desa yang dilaporkan Pemdes melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Baca juga: Sampungu Salurkan PLT DD Tahap II, Jumlah Penerima Jauh Berkurang

Menurutnya, data pelaporan pada Siskeudes harus benar-benar valid agar dapat diintegrasikan dengan data pada aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN).

”Data yang ada dalam Siskeudes harus terintegrasi dengan OMSPAN. Kalau out putnya tidak sesuai, tidak bisa terbaca pada OMSPAN saat diintegrasikan,” jelasnya.

Selain perbaikan data tersebut, penyaluran DD 20 persen juga masih menunggu data laporan konvergensi stunting di tingkat desa yang dilakukan oleh Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (KPM).

Pelaporan tersebut ditagetkan rampung secepatnya. ”Taget tidak keluar dari bulan ini. Ketika desa sudah memenuhi syarat penyaluran,” tandasnya. (red)

Baca juga: Kades di Moyo Hulu Inisiasi Terbentuknya FK2D Kecamatan

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...