Batu Bulan Rampungkan Penyaluran BLTDD Tahap I

Bagikan berita

Samotamedia.com – Desa Batu Bulan telah merampungkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) tahap I (April, Mei, Juni). Hal ini ditandai dengan dituntaskannya penyaluran BLTDD periode Juni, Selasa (30/6/2020).

Penyaluran BLTDD periode Juni itu digelar di aula Kantor Desa Batu Bulan, disaksikan oleh Ketua BPD, Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa Kecamatan Moyo Hulu. Serah terima bantuan berlangsung aman dan lancar.

Kepala Desa Batu Bulan, Yunus Syufriadi Bakri mengungkapkan, jumlah penerima manfaat BLTDD berjumlah 130 orang. ”Alhamdulillah BLTDD tahap pertama sudah selesai kami salurkan,” kata bang Uno, akrab Kades muda ini disapa.

Untuk diketahui bahwa BLTDD periode April dan Mei telah disalurkan sekaligus pada Jumat (29/5/2020).

Kades menjamin BLT dari Dana Desa itu tepat sasaran. Sebab pemerintah desa telah melibatkan unsur RT/RW dalam hal pendataan. Karena merekalah yang lebih tau pasti warga yang layak dengan yang tidak atas bantuan tersebut.

Baca juga:  Uma Beringin Cairkan BLT DD Dua Bulan Sekaligus, Periode Juni Menyusul

”Dalam pendataan dilakukan berjenjang berbasis RT/RW sebelum dilakukan Musdessus (Musyawarah Desa Khusus) dilakukan verifikasi data. Untuk memastikan data tidak double kami verifikasi data di tingkat Desa,” tutur Kades.

Kades mengungkapkan, total warga Batu Bulan yang mendapat bantuan akibat wabah Covid-19 ini mencapai 384 KK. Dengan rincian BLT DD 130 KK, PKH-BPNT 94 KK, JPS Gemilang 37 KK dan BST Kemensos 123 KK.

Kades mengungkapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkerjasama dalam penyaluran BLTDD tahap I ini. Berkat kerjasama yang baik, penyaluran bantuan berlangsung aman dan lancar dari awal hingga akhir.

“Kepada penerima manfaat, mudah-mudahan bantuan dapat membantu meringankan beban dan kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Baca juga:  Anggaran Dipangkas, Warga Urunan Perbaiki Jalan Ekonomi So Oi Kopa

Sebagaimana diberitakan, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) periode bulan April telah rampung 100 persen. Periode Mei tersisa 10 desa. Sedangkan periode Juni baru tuntas di 73 desa.

Kadis DPMD Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa Ibrahim, SE kepada Samota Media mengatakan, penyaluran periode Mei diperkirakan rampung minggu depan. ”Yang belum (Periode Mei) diprediksi minggu depan semua selesai,” katanya, Jumat (26/6/2020).

Sedangkan penyaluran BLT DD periode Juni diupayakan bisa rampung 100 persen dalam waktu dekat. Menurut Ahim, penyaluran BLTDD bulan Juni masih menunggu transfer sisa anggaran dari pusat. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...