Bawaslu Sumbawa Edukasi Pemilih Pemula

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa mulai melakukan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 serentak. Sasarannya adalah pelajar SMA sederajat sebagai pemilih pemula.

Sosialisasi dipusatkan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Kabupaten Sumbawa pada Sabtu 18 Juni 2022 lalu.

”Agenda kita bersama Kesbangpoldagri, kita merangkul pemilih pemula dalam hal pengawasan partisipatif. Ini yang kita agendakan dan sudah kita laksanakan,” kata Ketua Bawaslu Sumbawa, Syamsihidayat, Senin (4/7/2022).

”Ke depan yang mempunyai hak pilih atau yang pertama kali menggunakan hak pilih adik-adik kita yang duduk di bangku SMA itu bisa memahami terkait dengan Pemilu ini,” imbuhnya.

Syamsi menilai edukasi ini penting disampaikan agar pemilih pemula mengedepankan kecerdasan dalam menentukan hak pilih.

Mereka juga diingatkan untuk tidak menerima uang dalam memilih pasangan calon tertentu, baik pada pemilihan legislatif, presiden maupun Pillkada. Sebab yang memberi maupun menerima sama-sama mendapatkan sanksi pidana.

”Kita juga memberikan pemahaman kepada mereka bahwa kita ini sistem pemilihan yang demokratis. Jadi tidak ada yang bisa menginterpensi dalam hal mereka menyalurkan hak pilihnya.

Jangan sampai pada saat menyalurkan hak pilihnya diberikan uang, barang atau materi dalam bentuk lainnya. Ini yang kita sosialisasikan kepada pemilih pemula,” tuturnya.

Pihaknya juga mengajak pemilih pemula untuk ikut menyukseskan Pemilu 2024 dengan cara mensosialisasikan aturan Pemilu kepada saudara dan masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Agenda selanjutnya, Bawaslu akan menggelar sosialisasi serupa juga dalam waktu dekat. Sasarannya adalah berbagai stake holder, mulai dari tokoh pemuda, tokoh agama hingga pemerintah daerah.

”Kita juga akan laksanakan silaturrahim ke Parpol. Jango partai. Agenda selanjutnya, silaturrahim debgan mitra kita di Gakkumdu,” tandasnya. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...