Bawaslu Sumbawa Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu di Hotel Grand Sumbawa, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan mengusung tema pengawasan partisipatif Pemilu bersama organisasi kemasyarakatan dan pemuda pada Pemilu serentak tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat mengatakan, peserta sosialisasi terdiri dari perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP).

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu sangat penting. Bahkan hal itu telah di atur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Mereka tak hanya terlibat saat pencoblosan. Tapi juga ikut mengawasi potensi adanya kecurangan dan melaporkannya ke Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi Pemilu.

”Peran mereka sangat penting dan strategis. Dari Pemilu ke Pemilu masih banyak pelanggaran seperti maney politk. Sehingga di setiap tahapan dapat meminimalisir setiap pelanggran,” katanya.

Syamsi berharap, melalui sosialisasi ini peserta yang hadir dapat memahami aturan-aturan tentang Pemilu. Kemudian ikut mensosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan mereka masing-masing.

”Minimal di pribadi masing-masing bisa menerapkan aturan, pemahami aturan, apalagi bisa menyebarluaskan kepada keluarga, kelompok dan lingkungan,” ucapnya.

Kini Pemilu 2024 di depan mata. Partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu mendatang diharapkan meningkat. Agar terwujud Pemilu bersih dan berkualitas serta melahirkan wakil rakyat sesuai yang diharapkan.

Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi yakni Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Dr. Muhammad Saleh Ending, MA.

Kemudian Kordiv Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Sumbawa, Lukman Hakim dan Anggota KPU Kabupaten Sumbawa Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muhammad Ali. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...