Belajar Tatap Muka Serempak Dimulai Januari 2021

Bagikan berita

KERJASAMA DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA DENGAN SAMOTA MEDIA

SUMBAWA – Proses pembelajaran tatap muka jenjang SD/SMP dimulai serentak pada bulan Januari 2021 mendatang.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

SKB tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 di masa Pandemi Covid-19.

Meski demikian, proses KBM tatap muka secara keseluruhan tetap menjadi kewenangan masing-masing daerah.

Sementara di Kabupaten Sumbawa, semua sekolah sudah siap dengan pembelajaran tatap muka. Hal demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril, S.Pd.

Baca juga:  9 Siswa SMAN 3 Lulus SNMPTN, 1 Orang Diterima di UI

Menurutnya, semua sekolah bahkan dari jauh telah melakukan simulasi dan uji coba tatap muka New Normal selama pandemi. ”Alhamdulillah, kita di Sumbawa sudah siap menyonsong itu (KBM tatap muka secara keseluruhan),” kata Kadis.

Meski demikian, pembenahan dan pemantapan tentang protokol kesehatan tetap menjadi perhatian. Apalagi saat ini, trend kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa cendrung meningkat akibat mulai melemahnya disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

”Penerapan Prokol Kesehatan ini yang perlu kita mantapkan lagi. Tentu kita tidak ingin ada kloster sekolah nantinya. Jadi proses KBM di semester ganjil ini terus kita evaluasi,” kata Kadis Dikbud.

Jik kondisi nantinya memungkinkan, lanjutnya, maka proses KBM tatap muka secara keseluruhan dapat diterapkan di bulan Januari nanti atau di semester genap. ”Tapi kalau tidak, maka proses KBM harus menggunakan sistem On Off lagi,” ujarnya. (red)

Baca juga:  Tatap Muka New Normal Dimulai 1 Oktober

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...