Binaan PKBM Delka Putra Dilatih Bikin Bandeng Presto hingga Permen Pona

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Delka Putra Dusun Omo Desa Penyaring menggelar pelatihan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP).

Pelatihan dipusatkan di Sekretariat PKBM, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Ir. Surya Darmasya, Selasa (6/7/2021).

Selain Sekdis, hadir juga Kepala Desa Penyaring Abdul Wahab.

Ketua PKBM Delka Putra, Andi Moh Hatta mengungkapkan, pelatihan ini merupakan program kerjasama antara PKBM Delka Putra dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Masyarakat dan Pendidilan Khusus dan Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud.

Dalam pelatihan ini, PKBM Delka Putra fokus pada tiga prodak. Meliputi pelatihan membuat permen susu, permen pona dan bandeng presto.

Baca juga:  Tatap Muka New Normal Dimulai 1 Oktober

”Dipilihnya tiga prodak tersebut karena sesuai dengan potensi Desa Penyaring. Untuk masing prodak dilatih oleh instruktur yang berkompeten di bidangnya,” ungkap Hatta.

Pelatihan diikuti 20 orang peserta. Mereka berasal dari dua dusun yakni Dusun Omo dan Dusun Penyaring Kecamatan Moyo Utara. ”Pelatihan akan berlangsung selama 66 jam pembelajaran,” terangnya.

Menurutnya, peserta tidak hanya dibekali dengan kemampuan membuat prodak tersebut. Tapi akan didampingi hingga mampu melahirkan produk-produk unggulan hingga pemasarannya.

”Dalam hal pemasaran, berencana untuk berkerjasama dengan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” katanya.

Untuk diketahui, program PKHP Kemendikbud menyasar 10 lembaga di Sumbawa. Meliputi 9 PKBM dan PKK Kabupaten Sumbawa.

Bentuk kegiatan berupa pelatihan khusus perempuan. Dengan jumlah peserta 20 orang per lembaga. Peserta adalah warga setempat. Mereka dilatih selama 66 jam pembelajaran.

Baca juga:  Dikbud Sumbawa Ubah Skema Belajar Tatap Muka, Kini Berbasis Kasus

Kemendikbud mengalokasikan Rp20 juta per lembaga. Pencairannya langgsung masuk ke rekening lembaga masing-masing. (Red/*)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...