BLT DD Batu Tering 2021 Sasar 96 KPM Selama Setahun

Bagikan berita

KERJASAMA PEMERINTAH DESA BATU TERING DENGAN SAMOTA MEDIA

SUMBAWA – Pemerintah Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu menetapkan penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 2021 sebanyak 96 Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM).

Keputusan tersebut berdasarkan hasil Musyarawah Desa Khusus (Musdessus), yang dipimpin langsung Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang dihadiri juga semua unsur Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) belum lama ini.

”Jadi untuk KPM penerima BLT-DD tahun ini di desa kami, semua nya baru. Ini kami lakukan sebagai bentuk penerapan azas pemerataan,” kata Kepala Desa Batu Tering, Alwan Hidayat SPd.I, Kamis (11/2).

Menurutnya jumlah tersebut berkurang dari tahun 2020 lalu yang menyasar 147 KPM. Pengurangan ini berdasarkan hasil evaluasi dan validasi.

Baca juga:  Siap Produksi, Garam MJ Labuhan Bajo Segera Meluncur di Pasaran

Berdasarkan Musdessus, ada beberapa diantara KPM tahun 2020 lalu yang sudah berpindah domisili. Selain itu, ada juga yang tercatat sebagai penerima Bansos pemerintah di tahun 2021 ini.

Sementara 96 KPM baru ini, lanjut Kades, belum terakomodir sebagai penerima bantuan pemerintah dalam bentuk apa pun. Sehingga dinilai layak untuk mendapatkan BLT-DD.

”Nantinya mereka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan selama setahun atau sampai bulan Desember 2021,” terangnya.

Menurut Alwan, penyaluran BLT-DD tahun 2021 akan dilaksanakan akhir bulan Februari ini, atau awal bulan Maret 2021 mendatang.

”Kalau bulan Februari, berarti dua bulan sekaligus penyalurannya. Begitu juga kalau bulan Maret, kita salurkan langsung tiga bulan,” jelasnya.

Baca juga:  92 Desa di Sumbawa Belum Terima Transfer DD Tahap I

Saat ini pemdes, tengah memproses penetapan APBDes.

”Bila sudah final selanjutnya diusulkan ke bupati melaui camat. Setelah ada SK realisasi APBDes, barulah pemdes manjadwakan penyauran BLT-DD tahun 2021,” tandasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...