BLT DD Berlanjut hingga Desember 2020

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Masa penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) kembali diperpanjang hingga Desember 2020.

Adanya keputusan perpanjangan ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ibrahim, Rabu (14/10/2050).

Dikatakannya, program BLT DD akan berlanjut hingga Desember 2020. Artinya ada penambahan tiga bulan lagi. Yakni Oktober, November dan Desember.

Namun demikian, ia belum bisa memastikan apakah program ini akan diterapkan oleh semua desa di Sumbawa atau tidak. Karena berlanjut tidaknya program tergantung pada kondisi keuangan di masing-masing desa.

Baca juga: DPMD Sumbawa: Tidak Ada Masalah dalam Penyaluran BLT DD

”Permendes 14 (Surat Edaran Nomor 15 Menteri Desa-Red) mengatur pelaksananaan penyaluran BLT sampai bulan Desember 2020. Akan kita tindaklanjuti dengan surat. Tentu bergantung kemampuan keuangan desa,” ujarnya.

”Cuma masalahnya, desa sudah banyak yang tidak punya uang. Kalau desa yang punya sisa anggaran bisa kemudian melaksanakan penyaluran BLT. Itu Permendes 14 atau bukan, coba dicek lagi nanti,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun samotamedia.com, berlanjutnya BLT DD hingga Desember tertuang dalam SE Menteri Desa nomor 15 Tahun 2020. Terdapat lima keputusan dalam SE tersebut, yakni:

1. BLT DD, akan dilanjutkan sampai dengan Desember 2020. Bagi Desa-Desa yang DDnya telah habis, akan ada tambahan dana dari Kemenkeu, sebesar 53 M.

2. Berdasarkan hasil perhitungan Kementerian Desa PDTT, sisa DD 2020 secara nasional, setelah dikurangi, BLT DD 600 ribu x 3 bulan, perpanjangan 300 ribu x 3 bulan dan diperpanjang lagi hingga Desember 2020, 300 ribu x 3 bulan serta untuk Covid-19, ada sisa sebesar 36,4 T.

3. Sisa DD 2020 tersebut akan difokuskan untuk PKTD dan diharapkan bisa dilaksanakan di bulan Agustus – September 2020.

4. Sisa DD 2020 dapat juga untuk pengadaan masker dalam rangka gerakan DESA AMAN COVID-19 (pembuatan masker secara besar-besaran oleh Pemerintah Desa dan dibagikan kepada seluruh warga masyarakat di desa). Masker dapat diberi logo 75 tahun Indonesia Merdeka.

5. Sisa DD 2020 dapat juga digunakan untuk pengadaan jaringan internet, dengan memberikan akses gratis bagi siswa sekolah dalam rangka belajar dengan sistem DARING, dan menyediakan beberapa titik suport di desa. (red)

Baca juga: Banyak Desa di Sumbawa Belum Salurkan BLT DD Tahap II, ini Penyebabnya

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...