BLT DD Berlanjut hingga September

Bagikan berita

SUMBAWA – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) berlanjut hingga bulan September mendatang. Namun nominal BLT DD tahap dua ini tak sama. Jumlahnya hanya 50 persen dari BLT DD tahap pertama.

Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa DPMD Kabupaten Sumbawa, Ibrahim, SE kepada Samota Media mengatakan, BLT DD tahap dua hanya separuh dari tahap pertama. Yakni Rp300 ribu per bulan. Disalurkan selama tiga bulan.

”Untuk tahap kedua selama tiga bulan akan dilakukan pencairan mulai bulan Juli sampai September,” terang Ibrahim saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/6/2020).

Diduga Dianiaya Warga Sendiri, Kades Lebin Lapor Polisi

Menurutnya, perubahan nominal ini mengacu pada Peraturan Menteri Kuangan (PMK) nomor 50 perubahan dari PMK 40 tentang gagu anggaran dana desa.

Baca juga:  Serah Bansos di Mayura, Gubernur Ajak Masyarakat Tetap Produktif

Tekait kriteria penerima manfaat maupun jumlah penerima manfaat masih sama. Tidak ada penambahan.

”Bagi desa yang sudah menetapkan peraturan kepala desa tentang penerima manfaat BLT DD harus menambahkan tiga bulan lagi untuk penerima yang sudah ditetapkan sebelumnya. Artinya tidak ada data baru atau tambahan penerima maaf BLT,” terangnya.

Di bagian lain, Ibrahim mengungkapkan bahwa pencairan BLT DD tahap pertama belum cair 100 persen. Dari 157 desa, kata dia, masih tersisa empat desa yang belum pencairan.

Menurutnya, Empat desa tersebut akan akan melakukan pencairan akhir pekan ini dan langsung tiga bulan sekaligus.

“Kami sudah menyampaikan kepada pemerintah Desa tidak boleh melakukan pembagian rata. Misalnya karena ada masyarakat yang tidak terakomodir kemudian dibagi rata,” ujarnya.

Baca juga:  Sulitnya Pasokan Air, Petani di Jotang Buat Bendungan Darurat

”Apalagi sampai mengurangi karena itu bagian dari penyimpangan dan kami sampaikan juga kepada teman-teman pemerintah desa untuk tertib dalam melakukan penyaluran BLT DD,” imbuhnya. (cr-abi)

Baca juga : FK2D Akan Kawal Kasus Dugaan Penganiayaan Kades Lebin

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...