BLTDD Bulan Mei Tersisa 10 Desa, Juni Baru 73 Desa

Bagikan berita

Samotamedia.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) periode bulan April telah rampung 100 persen. Periode Mei tersisa 10 desa. Sedangkan periode Juni baru tuntas di 73 desa.

Kadis DPMD Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa Ibrahim, SE kepada Samota Media mengatakan, penyaluran periode Mei diperkirakan rampung minggu depan. ”Yang belum (Periode Mei) diprediksi minggu depan semua selesai,” katanya, Jumat (26/6/2020).

Sedangkan penyaluran BLT DD periode Juni diupayakan bisa rampung 100 persen dalam waktu dekat. Menurut Ahim, penyaluran BLTDD bulan Juni masih menunggu transfer sisa anggaran dari pusat. ”Transfer Dana Desa dari pusat untuk bulan Juni masih tersisa 10 persen,” terangnya.

Baca juga:  Desa Labuhan Sumbawa Diusulkan jadi Tiga Desa

Sementara 73 yang sudah mencairkan itu, lanjutnya, mereka menggunakan sisa anggaran bulan Mei. “Kita sudah punya progres 73 Desa yang walaupun kucuran anggaran untuk tahapan tiga nya itu, untuk BLT DD itu, belum disalurkan yang sisa 10 persen oleh Pemerintah Pusat,” Katanya.

Ahim tidak bisa memastikan waktu pencairan sisa anggaran 10 persen itu. Namun berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK), pencarian dana Desa dilakukan 2 minggu setelah tahapan pertama (dicairkan).

”Dan kemarin pencarian tahapan kedua dilakukan pada tanggal 14 Juni. Itu artinya pencarian tahapan ketiga dua minggu setelah itu,” jelasnya.

”Sekitar tanggal 14 pencarian tahap kedua itu yang 15 persen. Artinya belum dua minggu dari sekarang. Sehingga sisa untuk yang bulan Juni belum tersalurkan. Teman – teman itu masih menunggu yang 10 persen tersebut,” tambahnya. (cr-abi)

Baca juga:  Penyaluran BLTDD Tahap I Desa Maria Rampung

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...