Buka LCC Meseum 2021, Ini Harapan Kadis Dikbud kepada Peserta

Bagikan berita

SUMBAWA – Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) 2021 tingkat Kabupaten Sumbawa digelar. Kegiatan yang diikuti 9 sekolah itu dipusatkan di Kantor UPT Museum Kabupaten Sumbawa, Selasa (15/6/2021).

Lomba yang diikuti 9 sekolah itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumbawa, H. Sahril, S.Pd.

Kadis dalam sambutannya mengatakan, LCC Museum ini adalah ajang untuk mensosialisasikan museum budaya, tidak hanya di Sumbawa dan NTB, tapi juga seluruh Indonesia.

Lomba ini digelar setiap tahun. Di samping meriah, jumlah peserta juga tidak dibatasi. Namun tahun ini perbeda. Jumlah peserta terpaksa harus dibatasi hanya 10 sekolah karena alasan pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, prestasi Kabupaten Sumbawa dalam LCC Museum tak kalah dengan daerah lain. Tahun 2020 lalu, Sumbawa yang diwakili SMPN 1 Sumbawa sukses menyabet gelar juara 1 pada lomba Se-Pulau Sumbawa di KSB, 23 September 2020.

Atas prestasi tersebut, tim melaku tingkat Provinsi di Mataram, 26 September 2020. Namun disayangkan, saat itu gagal melaju hingga ke tingkat Nasional.

Baca juga:  22 Pelajar SMAN 1 Sumbawa Lulus SNMPTN

Tak hanya itu, SMPN 1 Sumbawa juga tercatat prestasi LCC sejak tahun 2015 lalu. Enam tahun lalu, SMPN 1 melaju hingga nasional dan meraih juara harapan II nadional.

Kadis Dikbud Sumbawa, H. Sahril, S.Pd

Kemudian tahun 2016 hanya sampai tingkat Provinsi dengan perolehan juara II. Tahun 2017 juara III provinsi. Tahun 2018 juara harapan II nasional dan tahun 2019 juara harapan III nasional.

Namun H. Sahril berharap, lomba ini tidak sekedar untuk meraih juara. Tapi lebih dari itu. Peserta memiliki wawasan dan referensi yang luas tentang museum budaya. Sehingga mampu disosialisasikan kepada masyarakat.

”Dengan kita menghargai museum budaya, akan mengangkat harkat dan martabat Tau dan Tanah Samawa,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Sumbawa, H. Hasanuddin S.Pd mengungkapkan, dua tahun terakhir Lomba Cerdas Cermat Museum telah ditangani langsung UPTD Museum Daerah Kabupaten Sumbawa. Melalui Dana Operasional Museum Nonfisik dari pemerintah pusat.

Tujuan lomba untuk memberikan peluang bagi anak didik belajar sejarah dan kebudayaan. Mengingat dewasa ini, pelajaran yang menyangkut sejarah dan kebudayaan menurutnya sangat minim.

Baca juga:  7 Murid SMAN 2 Sumbawa Bersaing di KSN Tingkat Provinsi NTB

Di samping itu, lomba tingkat kabupaten ini untuk mencari sekolah-sekolah berkualitas yang akan mewakili Kabupaten Sumbawa pada lomba yang sama di tingkat Pulau Sumbawa.

Dari keseluruhan peserta, akan diambil dua regu terbaik untuk mewakili Kabupaten Sumbawa ke lomba cerdas cermat museum tingkat Pulau Sumbawa. Sesuai jadwal, lomba tingkat Pulau Sumbawa digelar di Mataram, 3 Agustus 2021 mendatang.
Selanjutnya diambil 2 regu terbaik dari Pulau Sumbawa sebagi wakil Pulau Sumbawa di ajang Lomba tingkat Provinsi di Mataram, 4 Agustus 2021 mendatang. ”Diambil satu regu untuk mewakili NTB di tingkat nasional,” terangnya.

Ada pun materi lomba tingkat kabupaten meliputi sejarah nasional, sejarah dunia, materi kebudayaan pada umumnya hingga koleksi bersejarah di museum daerah di Kabupaten Sumbawa.

Sementara untuk dewan juri terdiri dari tiga orang. H. Hasanuddin, S.Pd, Mukti Jauhari Al-Husni dan Abdul Muis. Mereka berangkat dari budayawan dan seniman. (Red/adv)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...