Bupati Sumbawa: Pengembangan Inovasi Penting dalam Pembangunan Berkelanjutan

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum, Ir. Dirmawan membuka kegiatan sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (25/5/23) ini juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Sumbawa, dan Pejabat yang mewakili Badan Riser & Inovasi Daerah Provinsi NTB.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan, pengembangan inovasi sangat penting dalam pembangunan berkelanjutan demi mencapai masyarakat yang lebih sejahtera. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Inovasi disegala bidang merupakan jawaban akan hal tersebut, baik dalam bidang tata kelola, pelayanan publik, ataupun bentuk lain di masyarakat yang berkaitan dengan hal tersebut,” ujar Bupati.

Diungkapkannya, budaya inovasi di Kabupaten Sumbawa dibangun dengan semangat kolaborasi dengan semua pihak sekalipun masih dalam langkah awal. Selain itu, pihaknya juga telah melaksanakan beberapa event kompetisi inovasi lokal dan mengikuti di tingkat nasional.

“Pemerintah daerah senantiasa mendukung para Inovator untuk berkreasi dan berinovasi. Pemerintah mendukung kegiatan sosialisasi indeks inovasi daerah ini dikarenakan inovasi merupakan salah satu ujung tombak daya saing daerah,” jelasnya,

Sementara dalam pemaparan Kabid Litbang Inovasi dan Teknologi Brida Provinsi NTB, Lalu Suryadi mengatakan, yang diharapkan dari inovasi yaitu agar temuan atau cara baru dapat digunakan dan memudahkan pekerjaan.

“Inovasi itu semua hal dalam membantu kita dalam memudahkan pekerjaan,” katanya.

Menurutnya, inovasi penting karena didunia serba susah saat ini dan tekanan global cukup sulit untuk melakukan pembangunan dan penigkatan masyarakat.

“Problem yang luar biasa kalau kita selesaikan dengan cara biasa sangat sulit. Sehingga satu-satunya cara menyelesaikan masalah itu dengan berinovasi. Sehingga sesuatu hal dapat menjadi mudah, karena kita kerjakan dengan cara tidak biasa,” pungkasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...