Dam Tolomango Segera Dibangun, PU Turun Cek Lokasi

Bagikan berita

BIMA – Dam Tolomango di Desa Rite Kecamatan Ambalawi segera dibangun. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima telah melakukan survei dan memasang patok lokasi, Senin (22/2/2021) pagi.

Kepala Dinas PU Kabupaten Bima melalui Kabid Pengairan Jaharuddin, ST kepada Samota Media mengatakan, survei dan pematokan lokasi dilakukan untuk menentukan lahan mana saja yang akan dijadikan sebagai lokasi serta memudahkan proses pembangunan Dam Baru nanti.

”Supaya pemerintah Desa Tolowata nanti dapat mengajukan tukar guling dengan tanah eks jaminan aparat Desa di Ambalawi,” katanya.

Menurutnya, pengerjaannya akan dilakukan awal tahun ini juga. ”Tapi kita akan melakukan survei dulu sambil melihat kondisi cuaca,” katanya.

Baca juga:  Desa Bersinar, Upaya Pemberantasan Narkoba di NTB

Camat Ambalawi, Ishaka Hasan, SH menambahkan, PU akan segera melaksanakan pembangunan Dam tersebut. Namun masih menunggu cuaca membaik.

”Kalau sekarang curah hujan masih tinggi, mungkin awal bulan Mei akan dimulai pengerjaannya,” jelasnya.

Kepala Desa (Kades) Tolowata, Juardin HS, SH mengungkapkan soal lahan masyarakat yang menjadi dampak pembangun Dam Tolomango akan segera diajukan tukar guling dengan tanah eks jaminan aparat desa.

”Tinggal tunjuk saja tanah mana yang mau dijadikan penggantinya,” ujarnya.

Kades meminta pemilik lahan dampak pembangunan Dam agar bersabar terkait dengan tanah pengganti, karena prosesnya harus diajukan ke Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Bima.

”Kalau belum selesai urusan pergantian lahan itu, belum bisa laksanakan pembangunan. Cuma, semuanya masih dalam tahap proses, kami sebagai pemerintah Desa Tolowata akan segera mengajukan pergantiannya sesuai dengan tanah mana yang ditunjuk nanti,” tandasnya. (Dir)

Baca juga:  Beri Sinyal Dukungan, 4 Parpol Hadiri Deklarasi Mo-Novi

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...