Deklarasi 5 Pilar STBM, Batu Bulan Siap jadi Tuan Rumah

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Kecamatan Moyo Hulu akan segera deklarasikan sebagai kecamatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Lima pilar STBM yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Meski belum ada kepastian jadwal, Desa Batu Bulan telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan ruman deklarasi lima pilar STBM Moyo Hulu.

”Kami berharap nantinya, Batu Bulan jadi tuan rumah deklarasi lima pilar STBM,” kata Kepala Desa Batu Bulan, Yunus Syufriadi Bakri, Kamis (9/12/2021).

Desa Batu Bulan merupakan salah satu dari empat desa di Moyo Hulu yang telah diverifikasi tim verifikasi lima pilar STBM kabupaten. Tiga desa lain yakni Batu Tering, Brang Rea dan Desa Sebasang.

Baca juga:  Bawa Sajam, 3 Orang Diamankan di Pelabuhan Poto Tano

Dikatakan, proses untuk menjadikan Desa Batu Bulan sebagai desa STBM telah dipersiapkan sejak lama. Terhitung sejak dideklarasi sebagai Desa Open Defication Free (ODF) atau Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop-BABS).

Persiapan terus berlanjut hingga proses verifikasi lima pilar STBM tingkat desa oleh tim kecamatan dan verifikasi tingkat kecamatan oleh tim kabupaten.

Selain itu, Desa Batu Bulan juga memiliki program kebersihan lingkungan. Pihaknya telah menyiapkan layanan angkut sampah gratis bagi warga.

”Kita arahkan kemudian masyarakat kita, kita jemput sampahnya, gratis pelayanan dari pemerintah dengan kita atur dua blok 4 kali dalam satu minggu. Jadi masing-masing blok 2 kali dalam 1 minggu,” terangnya.

Kades komit untuk mempertahankan perilaku hidup sehat bagi warganya. Menjadikan prilaku hidup bersih dan sehat sebagai bagian dari budaya yang melekat dalam masyarakat. (Cr-ham)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...