Dewan Guru Puji Ujian Kenaikan DAN INKAI

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Dewan Guru INKAI mengaku salut atas penyelenggaraan Gashuku dan ujian DAN INKAI yang berlangsung di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti 58 peserta.

Kegiatan dipusatkan di GOR Mampis Rungan Sumbawa mulai 12 November hingga 14 November 2021. Pengcab Kabupaten Sumbawa selain mendatangkan Dewan Guru, Sihang Syarif Efendi, juga Sekjen DPP INGKAI, Syamsuddin.

”Luar biasa. Meski di bawah Pengprov NTB, saya salut dengan Pengurus Cabang INGKAI Kabupaten Sumbawa, pemerintah Daerah dan KONI Sumbawa yang menggelar Gashuku dan ujian kenaikan DAN. Kolaborasi positif ini melahirkan sesuatu yang bermutu, khusus untuk ke depannya INKAI di Kabupaten Sumbawa,’’ kata Sihang Syarif.

Selama melakukan ujian, ia menilai dari sisi teori dan praktik, rata-rata penguasaannya bagus. Namun yang harus diutamakan adalah sinergi antara pengurus, pelatih dan atletnya.

Oleh karena itu, Sihang Syarif berharap banyak menggelar event lokal. Bisa dilakukan tiap tiga bulan atau enam bulan dalam setahun. Ini bermakna untuk tidak sekedar melatih fisik dan mental, namun juga sekaligus untuk kematangan sebagai bahan evaluasi pengurus dan pelatih ketika melahirkan atletnya. Sebab untuk mengikuti event berskala regional, nasional maupun internasional, akan lebih mudah.

Selain itu juga pengurus, pelatih lokal senantiasa melaksanakan komunikasi aktif dengan jajarannya. Termasuk juga dengan para atlet. ”Pola seperti ini akan melahirkan kebersamaan, ikatan emosional yang kuat. Jadi, sekali lagi. Saya salut sekaligus mengapresiasi pelaksanaan Gashuku dan ujian kenaikan DAN di Kabupaten Sumbawa. Mungkin pola seperti ini bisa diterapkan di Pengcab lain,’’ harapnya.

Proses seleksi ketat selama kenaikan DAN, dirasakan oleh seluruh peserta, termasuk Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han). Ujian belum lama ini Letkol Rudi Kuriawan melakukan ujian kenaikan DAN II.

”Sebelumnya saya sudah memiliki DAN I, pada tahun 1993, yakni saat SLTA. Karena kesibukan kedinasan, konsentrasi ke olahraga dikurangi. Mumpung ada kesempatan, saya mengikuti ujian. Alhamdulillah lulus serta ada kenaikan DAN,’’ kata Dandim dengan peluh membasahi seluruh pakaiannya.

Ketua KONI Sumbawa, Syamsul Fikri M.Si yang juga mendapat sertifikat penganugerahan penyandang DAN IV mengatakan, Kabupaten Sumbawa harus berani menggelar ujian kenaikan DAN dan gashuku. Ini sebuah momentum amat penting. Sehingga untuk para anggota INGKAI yang ingin mengikuti ujian kenaikan DAN akan lebih mudah.

”Mereka tidak harus bepergian ke luar daerah dalam situasi seperti sekarang. Sehingga seluruh anggota INGKAI yang ada di NTB bisa memnafaatkan momen ini. Alhamdulillah berjalan sukses. Ini kali pertama kegiatan Gashuku dan ujian kenaikan DAN yang digelar di Kabupaten Sumbawa ini. Semoga Pengcab lain juga bisa menggelar giatan serupa,’’ kata Syamsuf Fikri yang juga mantan Ketua INKAI Sumbawa tiga periode (2006-2017).

Sementara itu Ketua Pengcab INKAI Sumbawa, Hafifuddin SH mengatakan secara keseluruhan, jumlah peserta ghasuku dan ujian kenaikan DAN INKAI 58 orang. Mereka berasal pulau Lombok dan Sumbawa. Dari jumlah itu 43 orang ujian ke DAN I. kenaikan ke DAN II 11 orang serta ke DAN III sebanyak 4 orang.

”Untuk peserta ujian DAN sebagai lulusan terbaik adalah, Gina Meylani, (INKAI Sumbawa), Larissa Lakeysha, (INKAI Kota Mataram) dan Galih Rifqi Kayana, (INKAI KSB). Yang jelas untuk ujian kenaikan sabuk hitam dan kenaikan DAN adalah cita-cita pak Syamsul Fikri. Sekarang sudah terlaksana dan alhamdulillah sukses dan berjalan lancar,’’ tandasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...