Dewan Juri Puji Penampilan SMPN 1 Badas di LCC Museum 2021

Bagikan berita

SUMBAWA – Hasil Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat Kabupaten Sumbawa tahun ini cukup mengejutkan. SMPN 1 Sumbawa yang tahun 2020 lalu menempati posisi puncak kini merosot ke posisi kedua.

Sementara SMPN 1 Moyo Hulu yang tahun lalu juara IV, tahun ini tampil memukau dan sukses keluar sebagai juara I. Namun hasil akhir, keduanya berhak mewakili kabupaten ke LCCM tingkat Pulau Sumbawa, 3 Agustus mendatang.

”SMPN 1 Moyo Hulu juara I dengan skor nilai 950. SMPN 1 Sumbawa juara II dengan skor nilai 900,” ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Sumbawa, H. Hasanuddin, S.Pd, Kamis (17/6/2021).

Sedangkan di posisi juara III diraih pendatang baru yakni SMPN 1 Labuban Badas. Menggeser SMPN 1 Unter Iwes yang tahun lalu meraih juara III.

Baca juga:  1000 Masker Dari SMKN 3 Sumbawa Untuk NTB

Salah satu dewan juri LCCM 2021 ini mengaku salut dengan penampilan para juara. Secara keseluruhan memiliki tingkat penguasaan materi yang bagus. Meski ada beberapa hal yang harus dievaluasi. Mulai dari masalah mental hingga pilihan juru bicara.

Secara khusus, Kabid menilai penampilan regu SMPN 1 Sumbawa penuh keraguan. Padahal jawabannya benar. Menurutnya, keraguan menjawab soal itulah yang menyebabkan sekolah yang dikepalai Arahman Semba ini nyaris gagal melaju ke LCCM tingkat Pulau Sumbawa.

Sebaliknya, SMPN 1 Badas sebagai pendatang baru justru tampil memukau. Namun letak kesalahan sekolah yang dikepalai Sri Irianti ini salah memilih juru bicara. Sehingga banyak waktu tersita.

”Saya melihat semangat mempersiapkan siswa sama. Terbukti dengan menguasai materi. Terkait dengan SMPN 1, ragu menjawab soal padahal jawabannya benar. SMPN 1 Badas salah memilih juru bicara,” ujar Kabid.

Baca juga:  SDN 04 Medas, Sekolah di NTB yang Dibangun dari Limbah Plastik

Kabid meyakini, ke depan SMPN 1 Badas akan menjadi saingan terberat sekolah lain. Terlebih kepala sekolahnya dinilai berpengalaman. Bahkan tercatat beberapa kali menghantarkan Kabupaten Sumbawa sebagai juara LCCM nasional saat masih menjabat Kepala SMPN 1 Sumbawa beberapa tahun lalu.

”Pada tahun mendatang, saya yakin akan lebih menonjol. Karena (Kepala sekolah) sudah ada pengalaman saat di SMPN 1 Sumbawa. (SMPN 1 Badas) calon juara masa depan. Luar biasa, dan itu menarik simpati bagi saya sebagai juri dan pelaksana,” tandasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...