Dikbud Sumbawa Dorong Sekolah Siapkan Landasan BDR

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa telah memperpanjang masa Belajar Dari Rumah (BDR) hingga 30 September 2020 mendatang. Dalam pelaksanaannya, sekolah didorong untuk menyiapkan landasan BDR.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dikbud Sumbawa, Junaidi, S.Pd.,M.Pd mengatakan, berlanjutnya kegiatan BDR membutuhkan penguatan nilai dalam pelayanan belajar anak di rumah.

Bergesernya peran lembaga pendidikan, kata dia, tentu berimplikasi pada kualitas layanan yang diberikan oleh para pendidik khususnya dimensi pedagogis.

”Untuk itu, kerjasama sekolah dengan keluarga siswa menjadi sangat penting guna menyiapkan landasan pelaksanaan BDR,” katanya.

Baca juga: Belajar dari Rumah Berlanjut hingga 30 September

Sinergi yang dimaksud bukan sekedar proses pendampingan pada saat anak belajar. Tetapi perlu ada kesepakatan untuk melakukan identifikasi norma dan nilai positif dalam keluarga. Agar pelaksanaan BDR menjadi bermakna.

”Dinas Dikbud berharap agar semua lembaga pendidikan melakukan pemetaan nilai dan kebiasaan positif yang selama ini dilaksanakan di rumah. Untuk menjadi bagian dari hidden curriculum,” tegasnya.

”Elaborasi nilai berbasis penilaian karakter yang selama ini dilakukan di sekolah, dapat diidentifikasi dengan prilaku belajar di rumah di bawah pengawasan orang tua,” imbuhnya.

Menurut Kabid, hal terpenting yang dilakukan guru adalah membangun kesepakatan. Memastikan standar nilai dan instrumen pendukung lainnya. Agar anak konsisten melaksanakan standar dimaksud.

”Misalnya, mulai dari aktivitas bangun tidur, kegiatan keagamaan, penanaman nilai kejujuran, disiplin dan lain lain,” kata Jun, memberi contoh.

Penguatan ini diperlukan agar belajar tidak hanya pada upaya-upaya transfer of knowlege (Proses transfer pengetahuan). Tetapi berada pada ruang nilai yang setara, bahkan lebih sebagaimana standar yang selama ini berlaku di sekolah.

”Rumah diharapkan bermetamorfosis menjadi lembaga pendidikan selama Pandemi COVID 19,” pungkasnya. (red)

Baca juga: SMPN 1 Sumbawa Raih Perunggu di Ajang Kompetisi Matematika Internasional

Bagikan berita

1 Comment

    Avatar
  • Dengan segala kemampuan dan keterbatasan ,Insya Allah kami siap menjalankan amanat pendidikan di Kabupaten Sumbawa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...