DPMD Sumbawa: Tidak Ada Masalah dalam Penyaluran BLT DD

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa mengakui bahwa proses penyalulan BLT DD sejauh ini berjalan baik.

BLT DD tahap I periode April, Mei dan Juni telah rampung 100 persen. Sementara BLT DD tahap II periode bulan Juli telah mencapai 50,3 persen atau 97 desa. Bulan Agustus 32,5 persen atau 51 desa dan September 10,8 persen atau 17 desa.

”Hasil pemantauan tidak ada masalah,” aku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kanupaten Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ibrahim, Rabu (14/10/2020).

BLTDD menyasar 20.647 Kepala Keluarga (KK). Dengan jumlah anggaran mencapai Rp41,7 Miliar.

Nominal BLT tahap I dan II berbeda. Untuk tahap I periode April, Mei dan Juni Rp600 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) per bulan.

Baca juga:  Kades Terpilih, Edi Wijaya Kusuma Dorong Pertanian Organik di Batu Rotok

Sementara tahap II periode Juli, Agustus dan September Rp300 ribu per KPM per bulan.

Data penerima BLT DD pada tahap II boleh dirubah (Tidak harus sama dengan KPM pada BLT DD tahap I). Dengan ketentuan, yang bersangkutan pindah domisili atau tidak lagi tercatat sebagai penduduk desa setempat.

Kemudian karena meninggal dunia, dan status calon penerima telah berubah. Tidak lagi tercatat sebagai keluarga miskin.

Namun demikian, lanjut dia, perubahan data penerima harus dimusyawarahkan di tingkat desa. ”Dan itu harus melalui musyawarah desa,” jelas Ibrahim. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...