Dukung Kesinambungan Pangan, Danrem 162/WB Ikut Tanam Padi di Loteng

Bagikan berita

LOMBOK TENGAH – Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han menghadiri acara penanaman padi serentak di Dusun Borok Kenoet, Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (5/5).

Penanaman serentak Korem 162/WB bersama kelompok Tani Bukit Ngiang itu, dilakukan di atas lahan sawah seluas ± 2,5 Hektar milik Kamaludin, Muzaki dan Sujarman. Jenis padi varietas Mekongga.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kesinambungan pangan di NTB, Danrem yang didampingi Dandim 1620/Loteng, Letkol Czi Prastiwanto, SE. MI.Pol bahkan ikut menanam padi.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han menyampaikan, hasil panen pertama kemarin surplus sekitar 66.000 ton. Capaian tersebut dinilai luar biasa.

Dia berharap hasil panen kedua nantinya melebihi capaian panen sebelumnya. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan pangan selama pandemi aman.

Baca juga:  Bulog Sumbawa Pastikan Harga Beras Stabil Ditengah Wabah Corona

”Mudah-mudahan hasil panen yang kedua ini dapat melebihi hasil panen sebelumnya. Sehingga kita tidak perlu khawatir manakala pandemi Covid-19 ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama,” kata Danrem.

Pada kesempatan itu, Danrem kembali mengingatkan kepada petani untuk senantiasa taat terhadap himbauan pemerintah. Terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

”Saya mengingatkan Bapak-bapak dan Ibu-ibu agar patuhi imbauan dan kebijakan pemerintah untuk disiplin mengikuti prosedur pencegahan penyebaran Covid-19. Jaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun, kurangi keluar rumah serta selalu memakai masker,” ingatnya.

”’Kemudian pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan dilaksanakan dirumah masing-masing. Sementara kita ikuti imbauan MUI,” tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Loteng, H. Lalu Fathul Bahri, S.IP mengungkapkan bahwa hasil panen terus mengalami peningkatan. Sehingga stok pangan di Loteng selama masa pandemi aman.

Baca juga:  Danrem 162/WB Bagi Sembako dan Masker Gratis kepada Lansia

”Dari lahan 50.000 hektar tersebut menghasilkan panen hingga 67.000 Ton. Maka persediaan pangan saat ini di Kabupaten Lombok Tengah sudah tercukupi,” ungkap Wabup.

Menurutnya, Loteng menjadi Kabupaten penghasil padi terbesar di NTB. Ini akan terus dipertahankan, dan kebutuhan petani akan terus diperhatikan.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut, Kadistan Loteng, Danramil 1620-03/Kopang, Kapolsek Kopang, Camat Kopang, KUPT Pertanian Kec. Kopang, Pjs Kepala Desa Darmaji serta Tomas dan Kelompok Tani Dusun Borok Kenoet. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...