Empat Desa Usulkan Pemekaran, Lopok Paling Siap

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Desa yang mengusulkan pemekaran terus bertambah. Setelah Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas dan Desa Labuhan Bontong Kecamatan Tarano, kini menyusul Desa Usar Kecamatan Plampang dan Desa Lopok Kecamatan Lopok.

Dari ke empat desa, Desa Lopok dinilai paling siap. Sebab telah tersedia kantor desa pemekaran. Hebatnya, anggaran untuk pengadaan lahan hingga pembangunan kantor desa merupakan hasil swadaya masyarakat.

”Proposal pemekaran dari Desa Usar sama Desa Lopok ini sudah kita terima. Jadi sekarang sudah empat desa yang mengajukan usulan pemekaran,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Penataan Desa, Kewenangan Desa dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Nova Mustofa, Kamis (09/12/2021).

Baca juga:  Ini Rencana Kerja 100 Hari Kades Labuhan Burung Setelah Dilantik

Dalam usulan, Desa Usar dimekarkan menjadi dua desa. Desa Usar sebagai desa induk dan Desa Pamunga jadi desa pemekaran. Begitu juga dengan Desa Lopok. Nantinya Desa Lopok sebagai desa induk dan desa pemekarannya adalah Desa Bage Tango.

Dari empat desa yang mengusulkan pemekaran, Desa Lopok dinilai paling siap. Sebab telah tersedia kantor desa untuk calon desa baru Bage Tango. Kantor desa dibangun dari hasil urunan masyarakat tiga dusun yang menjadi bagian dari Desa Bage Tango.

”Masyarakatnya kumpul uang beli tanah untuk bangun kantor desa. Ini luar biasa. Untuk sementara ini kantor desanya dimanfaatkan sebagai balai pertemuan. Desa Pemekaran Bage Tango ini sebetulnya sudah diusulkan sejak tahun 2011 lalu, tapi karena sesuatu dan lain hal sempat tertunda,” ujar Nova.

Baca juga:  Aparat dan Pemdes Bersihkan Material yang Menutup Ruas Jalan

Terhadap usulan pemekaran desa ini lanjut Nova, pihaknya masih melakukan verifikasi proposal. Sebab masih ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi lagi. Utamanya mengenai penegasan batas desa. Termasuk jumlah minimal dusun dari desa yang akan dimekarkan.

”Kalau syarat lainnya sudah lengkap. Tinggal masalah penegasan batas desa sama penetapan dusun saja. sudah kita suruh lengkapi lagi,” tandasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...