H Ilham Mustami: PKB Tolak Pemilu Proporsional Tertutup

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Ketua DPC PKB Kabupaten Sumbawa H. Ilham Mustami mengatakan bahwa partainya menolak wacana untuk mengubah sistem Pemilu dari sistem proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

Hal itu disampaikan H Ilham usai rapat kordinasi yang dihadiri para bakal Caleg di kantor DPC PKB Sumbawa di Kerato, Kecamatan Unter Iwes, Kamis (9/3/2023)

Sistem proporsional terbuka adalah sistem pemilu di mana pemilih dapah memiih langsung calon wakil-wakilnya di legislatif. Sedangkan dalam sistem proporsional tertutup, pemilih hanya memilih partai politiknya saja.

Menurutnya, sistem proporsional terbuka dapat menggerus hak dan kebebasan rakyat. Selain itu juga memangkas hak kompetisi peserta Pemilu. ”Kalau proporsional tertutup diberlakukan mungkin banyak Caleg yang akan mundur karena peluang berkurang,” ujarnya.

H Ilham menilai, mengubah sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup di saat proses dan tahapan pemilu sudah berjalan sungguh tidaklah bijak.

Menurutnya, perubahan di tengah jalan akan mengacak-acak perencanaan dan sistem yang telah dirancang oleh semua unsur yang terlibat dalam Pemilu.

”Kalau pun MK menetapkan proporsional tertutup, maka PKB akan menerapkan proporsional terbuka secara internal. Mekanisme proporsional terbuka secara internal menunggu keputusan dari DPP,” pungkasnya. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...