Hadirnya Perbup Pendidikan Karakter Disambut Antusias Sekolah

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 33 Tahun 2021 tentang pendidikan karakter disambut gembira pihak sekolah. Sekolah menilai Perbup tersebut sangat dibutuhkan. Terlebih dengan kondisi dan perkembangan zaman seperti saat sekarang ini.

“Momen diluncurkannya Perbup ini sangat tepat dengan kondisi kekinian. Banyak kejadian miris di dunia pendidikan kita. Perbub ini bisa jadi tameng, untuk menekan hal-hal semacam itu. Ini juga (Perbup) sangat klop dengan visi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” ungkap Kepala SMPN 1 Unter Iwis, Drs. HadirTamrin, Selasa (05/10/2021).

Menurut Tamrin, meski Perbub baru diluncurkan, namun prinsip-prinsip yang ditanamkan dalam pendidikan karakter sudah dilaksanakan di sekolahnya dari jauh hari. Prinsip tersebut tertuang dalam visi sekolah yakni Salam, Sapa, Senyum (3S). Itu wajib dilaksanakan bagi seluruh warga sekolah.

Selain itu, prinsip tolong menolong dan saling menghargai sesama warga sekolah juga mulai tertanam. Bahkan yang tak kalah penting, warga sekolah harus kompak dan solid.

“Tidak ada yang main perintah di sekolah kami, baik itu guru kepada murid maupun kepala sekolah ke gurunya. Kalau minta tolong, iya. Kita ingin membangun harmonisasi atau sikap saling menghargai antar warga sekolah. Kebersamaan itu harus kita rajut dengan baik,” ujarnya.

Semangat gotong royong juga terus diperkuat di SMPN 1 Unter Iwes Ketika melihat lingkungan sekolah kotor, warga sekolah dengan kesadaran sendiri membersihkan lingkungan sekolah. Sikap malu membuang sampah sembarangan juga terus ditanam.

”Sifat kekeluargaan juga kita tanamkan di sini. Kami ingin menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman untuk bekerja dan belajar,” terang mantan SMPN 2 Unter Iwes ini.

Meski demikian, ia menyadari bahwa prinsip-prinsip pendidikan karakter belum sepenuhnya berjalan sempurna. Sehingga pihaknya akan terus mempelajari lebih detail isi dari Perbub tersebut.
“Yang kurang kita tambah. Lebihnya juga kita perbaiki lagi. Supaya Perbup ini bisa diterapkan sesuai harapan pemerintah,” tandasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...