Hari Jadi ke-16, SMKN 3 Sumbawa Luncurkan Sejumlah Produk Karya Siswa

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – SMKN 3 Sumbawa merayakan hari jadi ke-16. Berbagai kegiatan digelar. Mulai dari lomba rabalas lawas, pembuatan video profil sekolah, tari kreasi hingga lomba mobile legends.

Puncaknya, Rabu (11/1/2022), pihak sekolah meluncurkan berbagai produk siswa untuk dipasarkan. Seperti baju kaos, baju pesta hingga buku cerita tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Jepang) dan buku bahasa daerah.

Selain itu, pihak sekolah juga meresmikan ruang display untuk produk seni dan indutri kreatif dan ruang studio foto dan podcast. Hal ini adalah kado terindah bagi SMKN 3 Sumbawa di usianya yang ke 16 tahun.

Perayaan hari jadi yang mengusung tema ”Bangkit bersama” itu disponsori oleh Bank NTB Syariah, oppo, MR.D.I.Y, Erlangga, pa’de cofee dan wardah kosmetik.

Hadir ketua komite, Ketua PGRI Kabupaten Sumbawa, kepala SMK dalam kota, kepala SMP, pengawas SMK dan Dunia Usaha Industri (DUDI) mitra sekolah seperti colour printing dan CV Al.

Kepala SMKN 3 Sumbawa, Ir. Hasiah, S.Pd mengungkapkan, sebelum dilaunching produk-produk tersebut telah dipamerkan di ajang Expo SMK Se-NTB yang digelar di Epicentrum Mall Mataram pada 8-10 Desember 2022.

Baca juga:  Lompatan Kreativitas Guru Dalam Pandemi Covid-19

Hebatnya lagi, dalam pemeran tersebut sejumlah produk mendapat pujian langsung dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

”Di Expo SMK di Episentrum, produk yang kami pamerkan mendapatkan dukungan dan apresiasi oleh Dirjen Pokasi langsung Pak Doktor Wardani,” tutur Kepsek yang baru-baru ini meraih gelar M.M Inov di UTS ini.

Namun demikian, pihak sekolah mengakui bahwa sejumlah produk masih butuh penyempurnaan. Seperti buku tiga bahasa.

Menurutnya, buku-buku tersebut saat ini dalam tahap revisi. Pihak sekolah berencana membuat buku menggunakan bahan sederhana agar harga jualnya terjangkau.

Tak hanya pakaian dan buku, SMKN 3 Sumbawa juga menyiapkan peluncuran produk lainnya. Seperti kalender, karya siswa jurusan disain dan komunikasi visual.

Meski belum resmi diluncurkan, kalender karya siswa banyak diminati bahkan sudah laku sampai 200 eksempler.

Baca juga:  Belum Mencapai Kuota, SMKN 2 Perpanjang Waktu Pendaftaran Tiga Kompetensi Keahlian

”Produk ketiga yang siap dipasarkan yaitu kalender. Jadi untuk jurusan disain dan komunikasi visual, anak-anak mendesain foto, mendesain warna, mendesain angka sehingga menjadi sebuah kalender,” tandasnya.

Ketua komite, Nasrullh, SH mengaku sangat apresiatif dengan peluncuran produk karya siswa. Dia berharap SMKN 3 Sumbawa bisa lebih maju dan berkembang sehingga mampu bersaing dengan SMK-SMK lain di NTB.

”Saya selaku ketua komite sangat-sangat mengapresiasi dan mensupport, dimana bagaimana sekolah ini untuk bisa maju berkembang maju terus,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sumbawa, Ir. Ahmad Yani, MT. Dia menilai karya siswa yang diluncurkan memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau.

”Butiknya sangat bagus, bahkan saya beli satu kaos. Harganya sangat terjangkau itu hebatnya. Itu perlu dikembangkan,” katanya.

Ke depan pihak sekolah diharapkan untuk menggencarkan promosi. Salah satu dengan cara ambil bagian dalam setiap pameran UMKM atau sejenisnya. Hal ini bertujuan agar produknya semakin dikenal. (Cr-Rrb)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...