Hari Kartini, Guru dan Staf Perempuan SMAN 2 Sape Kompak Berkebaya

Bagikan berita

BIMA – Pemandangan di SMAN 2 Sape hari Rabu (21/4/2021) tampak berbeda dari biasa. Hari itu semua guru dan staf perempuan kompak mengenakan kebaya dan kain songket.

Hari itu rupanya hari yang amat istimewa buat perempuan-perempuan seluruh Indonesia, khususnya perempuan di sekolah tersebut. Karena lebih dari seabad lalu, Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau lebih dikenal dengan RA. Kartini lahir.

Kepala SMAN 2 Sape, Nurjanah,S.Pd kepada Samota Media mengatakan bahwa mengenakan kebaya baju putih dan kain songket adalah bentuk peringatan atas lahirnya RA. Kartini.

”RA Kartini adalah tokoh pahlawan nasional yang gigih memperjuangkan emansipasi wanita. Maka dari itu sebagai kaum perempuan kami wajib memperingati dan mengucapkan selamat hari Kartini,” katanya.

Baca juga:  SMA Terbuka, Kesempatan Bagi Anak Putus Sekolah untuk Sekolah Kembali

Nurjanah mengaku bangga dengan banyaknya kaum perempuan yang memegang peranan penting dalam berbangsa dan bernegara. Bahkan peran mereka tidak kalah dengan kaum laki – laki.

“Contohnya saya sebagai perempuan mampu menjadi kepala sekolah, dan banyak sekali perempuan – perempuan tangguh lainnya yang menduduki jabatan sebagai Bupati, Gubernur, Menteri bahkan jadi Presiden,” ungkapnya.

Dikatakannya, perempuan Indonesia harus punya rasa percaya diri, wawasan yang luas serta keterampilan yang tinggi. “Jadilah perempuan tangguh sesuai dengan kemampuan masing – masing, dan di bidang masing – masing,” katanya.

Nurjanah mendorong guru – guru perempuan agar punya semangat yang tinggi dalam mencetak generasi muda yang tangguh.
“Anak – anak bangsa lahir dari perempuan, didiklah mereka agar setangguh bapak – bapak mereka,” ujarnya.

Baca juga:  Asyik, BOP PAUD Cair Bulan Depan

Dia berharap agar momentum ini menjadi ajang untuk mengingat kembali perjuangan perempuan tangguh yang lahir pada 21 April 1979 lalu itu.

”Jadikan inspirasi dan motivasi dalam perjuangan kita yang berprofesi apapun, terutama kita sebagai pendidik. Selamat hari Kartini, dan selamat berjuang buat kaum perempuan,” pungkasnya. (Cr-Jul)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...