Hati-hati! Musim Hujan Rawan Kecelakaan

Bagikan berita

SUMBAWA – Musim hujan rawan kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya, para pengguna jalan diminta untuk lebih berhati-hati saat berkendara.

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K mengatakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah cuaca.

“Yang pertama harus dipahami salah satu penyebabnya adalah cuaca, selain human error atau alasan teknis kendaraan,” ujar Noviar di Kantor Ditlantas Polda NTB , Selasa, (15/12/2020).

“Oleh sebab itu harus hati-hati lagi dalam mengendarai terutama pada saat hujan. Banyak pohon besar di pinggir jalan yang jika hujan dengan disertai angin kencang, sebaiknya pengendara mencari tempat untuk parkir yang aman,” imbuhnya.

Diungkapkan, curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan genangan air di permukaan jalan. Kendaraan yang melewatinya dengan kecepatan tinggi, dapat menyebabkan ban slip dan hilangnya cengraman secara tiba-tiba.

Baca juga:  Gubernur NTB Kunjungi Korban Banjir Loteng dan Lobar

Kondisi seperti inilah yang disebut dengan aquaplaning. Meskipun begitu, aquaplaning juga dapat terjadi pada kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah jika jalanan cukup basah dan kurangnya cengkraman ban.

”Bukan main-main, hal ini dapat menyebabkan hilangnya kendali kemudi kendaraan dalam beberapa detik,” jelasnya.

Satlantas Polres Sumbawa Pasang Ratusan Spanduk

Di Kabupaten Sumbawa, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa memasang ratusan spanduk disejumlah titik yang dianggap rawan.

Spanduk itu sebagai pengingat, agar para pengguna jalan dapat lebih berhati-hati saat berkendara. “Hampir seratusan spanduk himbauan yang telah kami pasang di titik-titik rawan Laka”, ujar Kasat Lantas Iptu Samsul Hilal, SH Selasa, (15/12/2020).

Spanduk himbauan tertib berlalu lintas itu dipasang disejumlah titik. Mulai di ruas jalan Garuda Sumbawa, jalan lintas Sumbawa-Bima hingga jalan lintas Sumbawa – Alas.

Baca juga:  AlanDesa dibuat untuk keterbukaan informasi publik dan pelayanan terpadu

Menurutnya, pemasangan spanduk sebagai upaya Polres untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Terlebih disaat musim hujan seperti sekarang ini, jalanan licin dan banyak pohon tumbang.

Oleh karenanya, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mentaati aturan tertib berlalu lintas di jalan raya. Sebagai ikhtiar dalam menekan fatalitas korban Laka demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcar).

“Semoga apa yang kami laksanakan ini menjadi ikhtiar untuk lebih waspada dan lebih berhati-hati dalam mengendara. Mari bersama-sama kita patuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan kita semua,” tandas Samsul Hilal. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...