Ini Juara LCC Museum Tingkat Kabupaten Sumbawa

Bagikan berita

SUMBAWA – SMPN 1 Moyo Hulu sukses keluar sebagai juara I Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat kabupaten yang digelar di Kantor UPT Museum, Selasa (15/6/2021). Juara II diraih SMPN 1 Sumbawa dan juara III diraih SMPN 1 Labuhan Badas.

Dari perolehan tersebut, SMPN 1 Moyo Hulu dan SMPN 1 Sumbawa berhak mewakili kabupaten pada LCCM tingkat Pulau Sumbawa yang digelar di Museum Negeri NTB di Mataram, 3 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Hasanuddin, S.Pd mengatakan, LCCM Pulau Sumbawa akan diikuti oleh 10 regu. Terdiri dari dua regu untuk masing-masing kabupaten kota.Materi LCCM tingkat Pulau Sumbawa relative sama dengan materi LCCM tingkat kabupaten. Tapi sekup materi lebih luas dan mendalam. Dapat dipastikan tingkat kesulitan soal akan lebih sulit dari soal pada LCCM tingkat kabupaten.

”Materi sama. Hanya saja, sekup (materi) lebih luas. Misalnya, kalau di tingkat kabupaten materinya tentang museum, maka seputar museum di Sumbawa. Kalau di tingkat Pulau Sumbawa, ya seputar museum di NTB. Jadi peserta harus bisa menguasai materi,” terang Kabid, Kamis (17/6/2021). Sebelum lomba, kedua wakil Sumbawa akan diberikan pembinaan intensif. Pembinaan dilakukan oleh guru pendamping di sekolah masing-masing. Proses tersebut berlangsung setiap hari hingga menjelang lomba.

Baca juga:  Belajar Tatap Muka Digelar Serentak Mulai 30 Agustus 2021

Di samping itu, Dikbud juga telah menyiapkan tim khusus yang terdiri dari unsur dinas Dikbud dan kepala sekolah yang berkompeten di bidang museum. Tim khusus bertugas untuk mengevaluasi hasil pembinaan oleh sekolah.

”Pembinaan oleh guru pelatih dilaksanakan setiap hari. Ada juga pelatih yang kami tunjuk yang akan menyelenggarakan pembinaan khusus. Pembinaan oleh guru akan dievaluasi, kita sepakati dua kali seminggu,” terangnya.

H. Hasanuddin menyakini kedua wakil Sumbawa bisa mewakili Pulau Sumbawa ke tingkat provinsi. Di samping durasi waktu pembinaan cukup panjang, anggota regu utusan juga dinilai memiliki tingkat penguasaan materi yang baik.

”Terus terang saya menargetkan dua-duanya masuk. Pertama karena melihat kemampuan dasar dengan persiapan yang tidak terlalu lama. Kemudian durasi waktu pembinaan masih panjang. Sengaja dilaksanakan lebih awal seleksi untuk memberi ruang seluasnya untuk pembinaan. Ada waktu satu bulan setengah,” tandasnya.

Baca juga:  Peduli Pendidikan, Polsek Lingsar Sediakan Wifi Gratis

Diungkapkan, LCCM tingkat Provinsi NTB digelar di Museum Negeri NTB di Mataram, 4 Agustus 2021 mendatang. Diikuti 4 regu peserta. Dua regu dari Pulau Sumbawa, dua regu dari Pulau Lombok.

”Akan diambil satu regu untuk mewakili NTB ke LCCM tingkat nasional di Museum Nasional di Jakarta. Jadwalnya belum keluar. Tingkat nasional biasanya di bulan Agustus,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tiga besar LCCM tingkat kabupaten mendapat hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan. Hadiah rencana diserahkan pada Juli 2021 mendatang. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...