Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi

Bagikan berita

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap kehidupan manusia, baik dalam kehidupan ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu komponen penting yang berguna mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Untuk itu diperlukan adanya Inovasi pendidikan agar dunia pendidikan dapat terus berkembang, dan berjalan efektif menyesuaikan perkembangan zaman dan kondisi lingkungan.

Di tengah kondisi pandemi yang tak menentu seperti saat ini, pendidikan masih menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang harus tetap berjalan seperti biasanya. Oleh karena itulah, dibutuhkan inovasi baru yang dapat mengakomodir kebutuhan pendidikan masyarakat meskipun di tengah kondisi sulit sekalipun. Baik dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi atau apa pun.

Salah satu komponen yang sangat berperan dalam memberikan inovasi pendidikan di indonesia adalah pemerintah. Pemerintah indonesia harus mengetahui segala permasalahan yang ada di dunia pendidikan dengan menciptakan inovasi berdasarkan masalah yang ada di lapangan.

Baca juga:  Arti Penting Sektor Pertanian Dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Corona

Karena pemerintah mempunyai wewenang penuh dalam memberikan keputusan hingga pembuatan sistem pendidikan. Hal ini akan lebih mudah dalam penerapan inovasi pendidikan, karena setiap instansi sekolah akan mengikuti setiap arahan dan keputusan dari pemerintah pusat.

Selain itu, pihak sekolah juga bisa memulai dengan hal kecil agar inovasi pendidikan dapat terwujud. Seperti dalam hal memberikan materi pelajaran, tidak sedikit instansi sekolah mengubah metode dalam proses mengajar tentunya tetap dengan tujuan yang sama dan tidak menyalahi aturan pemerintah.

Di masa pandemi, proses belajar mengajar berubah dari pembelajaran tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran daring. Di sinilah pentingnya peran orang tua, guru, dan murid untuk bekerjasama guna mengoptimalkan pembelajaran melalui penggunaan teknologi.

Para guru dalam pembelajaran daring ini menggunakan media yang berguna sebagai perantara atau saluran komunikasi antara guru dengan anak didiknya. Di mana media itu sendiri dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi. Hal ini dapat membantu guru untuk menciptakan suasana belajar yang tidak monoton dan tidak membosankan.

Baca juga:  Pemuda Pelajar Mahasiswa dan Perang Melawan Narkotika

Media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan guru di masa pandemi Covid 19 ini diantaranya, google classroom, aplikasi zoom, Whatshap (WA), telegram dan media sosial lainnya.

Kepala Sekolah juga harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada Guru untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar telah dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring). Kepala Sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat diberikan solusi.

Oleh Ir. Hasiah, S.Pd

(Mahasiswa Pasca Sarjana Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...