Inovasi RaSa RoTi SDN Ai Puntuk Juara III Lomba Inovasi Daerah 2022

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Inovasi RaSa RoTi (Rapulung Sangkium Roro Plastik) milik SDN Ai Puntuk meraih juara III Lomba Inovasi Daerah (LIDA) Kabupaten Sumbawa Tahun 2022 untuk kategori sekolah (SD, SMP, SMA).

RaSa RoTi merupakan inovasi menyulap limbah sampah plastik menjadi meja, kursi dan sofa. Melalui kreatifitas tersebut, pihak sekolah berhasil membantu mengurangi sampah plastik yang menjadi salah satu penyebab pencemaran lingkungan.

Awalnya, siswa diberikan pengetahuan dasar pembuatan ecobrick. Ecobrick adalah botol plastik yang dikemas dengan plastik bekas hingga kepadatan tertentu.

Selain itu, siswa juga diwajibkan membawa ecobrick buatan sendiri ke sekolah setiap hari Sabtu. Ecobrick yang terkumpul kemudian dibuat menjadi karya yang diinginkan.

Untuk menjamin ketersediaan botol bekas, sekolah juga menggandeng warung-warung di sekitar sekolah. Sementara orang tua dan siswa diminta untuk mengumpulkan sampah plastiknya di rumah.

Baca juga:  Lagi, Dosen UNSA Raih Gelar Doktor

Sejauh ini, SDN Ai Puntuk telah berhasil mengumpulkan 5.600 gram sampah plastik. Limbah tersebut berhasil disulap menjadi 100 unit bangku, satu set sofa, sebuah meja dan kursi.

Dengan inovasi tersebut, cecara tidak langsung SD Negeri Ai Puntuk telah ikut mengurangi 56 kilogram sampah plastik yang ada di lingkungan masyarakat.

Melalui kegiatan ini juga orang tua secara sadar untuk tidak lagi membuang sampah plastik sembarangan. Bahkan, orang tua semakin giat dan mendukung kegiatan sekolah berjargon sehat, cerdas dan berkarakter itu.

Usaha tak menghianati hasil. Setelah didaftarkan dalam LIDA 2022, Inovasi RaSa RoTI masuk 10 Top LIDA 2022 sehingga berhak melaju ke tahap presentasi dan wawancara. Seminggu kemudian, penitia panitia mengumumkan inovasi RaSa RoTi keluarga sebagai juara.

Baca juga:  Gitaris Solo SMAN 1 Sumbawa Wakili NTB ke Nasional

”Alhamdulilah Inovasi RaSa RoTi SD Negeri Ai Puntuk mendapat juara ketiga yang mana juara satu didapatkan oleh SDN Batu Nisung dan juara kedua SMKN 1 Alas,” kata Kepala SDN Ai Puntuk, Abdul Azis, S.Pd.SD, Selasa (13/12/2022).

Azis mengaku bahagia atas perolehan tersebut. Dia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut dari awal. ”Di awal kami agak ragu dengan kegiatan ini. Namun dengan keyakinan dan dukungan guru-guru serta orang tua akhirnya bisa membuat bukti yang kuat dari hasil karya anak anak kami,” ucapnya.

”Sekolah kami menjadi salah satu dari 16 sekolah dari jenjang TK, SD dan SMP yang ditunjuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa sebagai sekolah Inovasi Implementasi Perbup Sumbawa Nomor 33 Tahun 2021 Tentang Pendidikan Karakter,” pungkasnya. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...