Jangan Lewatkan, Pameran Temporer Ragam Hias Sumbawa Digelar 12-22 Agustus

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – UPT Museum Daerah Kabupaten Sumbawa menggelar pameran temporer ragam hias Sumbawa. Kegiatan yang telah dibuka secara resmi oleh Kadis Dikbud Sumbawa, H. Sahril ini dipusatkan di kantor UPT Museum Daerah dari 12 hingga 22 Agustus mendatang.

Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya. Yakni lomba seni museum daerah yang digelar, dari 4 hingga 6 Agustus lalu. Lomba tersebut melibatkan pelajar se Kabupaten Sumbawa.

Kepala UPT Museum Daerah Kabupaten Sumbawa, Rabaiyah, BA menjelaskan, pemeran temporer merupakan rangakaian kegiatan sebelumnya. Tujuannya untuk memasyarakatkan museum serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap museum.

iklan

Beragam karya dari puluhan seniman akan dipamerkan. Mulai dari karya kelingking kertas, kelingking kaca, kelingking kayu, kelingking bambu, kelingking benang, kelingking kain, kelingking tenun, kelingking lontar dan beragam kelingking dari media lainnya. ”Pameran ini menampilkan ragam hias Samawa. Hasil karya masing-masing seniman. Ada 10 seniman,” kata KUPT.

Baca juga:  Dikbud Galang Bantuan untuk Korban Kebakaran Baturotok

Melalui pameran tersebut masyarakat juga diajak untuk lebih mengenal serta melestarikan karya seniman masa lalu.

”Agar masyarakat mengetahui bahwa museum itu tempat belajar sejarah masa lalu. Bahwa tempo dulu beginilah kehidupan masyarakat Sumbawa. Ternyata mereka punya kemampuan luar biasa. Tingkat seninya sangat tinggi,” ucapnya.

Dikatakan, pameran temporer memasuki tahun kedua. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar tahun 2019 lalu. Namun karya yang dipamerkan meliputi kain tenun Sumbawa dan Kandaga (Peti pakaian zaman dahulu). ”Saat itu saya belum di sini (Menjabat KUPT),” ujarnya.

Ke depan, kegiatan serupa akan terus dikembangkan. Agar masyarakat semakin cinta terhadap museum serta menjadikannya sebagai rumah belajar tentang sejarah Sumbawa di masa lalu. (red)

Baca juga:  USBN Berakhir, Ini Harapan Kepala SMAN 2 Sape

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...