Kades Batu Tering dan Kades Rhee Berkunjung ke Desa Ponggok Klaten

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Kepala Desa Batu Tering Alwan Hidayat dan Kepala Desa Rhee Edy Firmansyah berkunjung ke Desa Ponggok di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (3/6/2023).

Kunjungan dua Kades ke desa yang dikenal dengan wisata airnya ini difasilitasi Ikatan Keluarga Sumbawa (IKS) Jogja-Jateng. Bahkan Ketua dan Sekretaris IKS Jogja-Jateng, Zainal Abidin dan Abdul Haris ikut mendampingi.

Dalam kunjungan itu, rombongan sempat berdiskusi sekaligus mengunjungi sejumlah destinasi wisata air dan kuliner yang menjadi sumber pendapatan asli desa.

Kepala Desa Batu Tering, Alwan Hidayat mengaku takjub dengan Desa Ponggok. Menurutnya, desa tersebut layak disebut sebagai desa miliarder. Pasalnya, pendapatan desanya tembus Rp 1 miliar per bulan. Artinya, dalam setahun mencapai Rp 12 miliar.

”Yang paling menarik dari penjelasan Kades Ponggok adalah pendapatan desa per bulan adalah mencapai 1 miliar. Ini luar biasa. Angka yang fantastis,” kata Alwan, Selasa (6/6/2023).

Dari kiri: Sekretaris IKS Jogja-Jateng Abdul Haris, Kades Ponggok Junaedi Mulyono, Kades Batu Tering Alwan Hidayat, Ketua IKS Jogja-Jateng, Zainal Abidin dan Kades Rhee Edy Firmansyah

Dia mengungkapkan bahwa salah satu kunci sukses Desa Ponggok terletak pada strategi pemetaan dan pengembangan potensi desa. Pembangunan Desa Ponggok berbasis data serta melibatkan konsultan teknis untuk merancang arah pembangunan.

Ke depan, hal itu akan diterapkan di Desa Batu Tering. ”Insya Allah kami ikhtiarkan. Manjadda wajadah. Siapa yang bersungguh akan mendapatkan hasil dari kesungguhannya,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Rhee, Edy Firmansyah. Menurutnya banyak pelajaran yang dipetik dari Desa Ponggok. Terutama strategi pembangun desa. Strategi tersebut akan coba diadopsi untuk Desa Rhee ke depan yang lebih baik.

”Alhamdulillah proses kunjungan kerja kami ke desa Ponggok berjalan lancar. Aas kesediaan fasilitas IKS, kami dapat ketemu berdiskusi bagaimana strategi Kades Ponggok untuk menjadikan desanya sebagai desa miliader,” ucap Edy.

Sementara itu, Ketua IKS Jogja-Jateng, Zainal Abidin bangga bisa memfasilitasi kunjungan kedua kades. Dia berharap Kades-kades lain di Sumbawa dapat melakukan kunjungan serupa dan pihaknya siap memfasilitasi.

”Alhamdulillah kami telah membangun jejaring dengan stakeholder yang ada di wilayah Jogja-Jateng. Hal ini kami lakukan guna untuk mempermudah jika ada kunjungan baik Pemda maupun Pemdes dalam lingkup kerja kami,” pungkasnya. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...