Kawal BDR, Dikbud Sumbawa Gandeng Kepolisian

Bagikan berita

SUMBAWA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa menggandeng aparat kepolisian dalam memantau pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) di masa pandemi Covid-19.

Sinergi antara pelaku pendidikan dengan aparat kepolisian ini guna memastikan hak belajar anak selama masa pandemi benar-benar terpenuhi.

Kepala Dinas Dikbud Sumbawa melalui Kabid Pembinaan SD, Junaidi, S.Pd.,M.Pd mengungkapkan bahwa masih adanya anak yang belum terlayani belajar selama diberlakukan BDR.

Salah satu faktornya adalah minimnya dukungan orang tua dan masyarakat. Oleh karenanya, keterlibatan kepolisian dalam melakukan kontrol di tengah masyarakat sangatlah dibutuhkan.

”Pemantauan BDR pada segmen masyarakat. Memastikan bahwa semua anak terlayani belajar,” jelas Junaidi, Rabu (10/3).

Baca juga:  Tinggi, Animo Siswa Melanjutkan Pendidikan ke SMAN 2 Sumbawa

Kerjasama ini akan diawali dari Kecamatan Buer. Dikbud telah mendatangi Polsek Buer untuk membahas dan memantabkan rencana kerjasama tersebut tadi pagi.

Hadir juga dalam pertemuan itu Ketua PGRI Buer, Pengawas sekolah, Kordinator wilayah (Korwil) dan Ketua Gugus. Sementara penandatanganan MoU antara Korwil Kecamatan dengan Polsek Buer rencana digelar pekan depan.

Dengan kerjasama ini, lanjutnya, pihak kepolisian diharapkan ikut membantu menyukseskan pelaksanaan BDR pada segmen masyarakat.

”Bersinergi nanti unsur Korwil (Kordinator wilayah) pengawas sekolah, ketua gugus, ketua PGRI Kecamatan Buer dan Polsek Buer,” jelas Kabid.

Babinkamtibmas di masing-masing desa nantinya dapat melakukan kontrol untuk memastikan hak belajar anak terpenuhi,” imbuhya.

Jika program berhasil, maka pola serupa juga akan diterapkan di kecamatan-kecamatan lain di Sumbawa. ”Ini uji coba. Nanti kita akan evaluasi,” ujarnya.

Baca juga:  UNSA Kembali Menangkan Hibah Kemenristek/BRIN

Kapolsek Buer, Iptu Awaludin S.AP.,M.M.Inov mengatakan bahwa pihaknya siap bermitra dengan Dikbud. Karena kesuksesan BDR merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk Polri.

”Kami akan siap membantu untuk memantau masyarakat atau orang tua agar bisa memantau kegiatan belajar anak. Demi memenuhi hak belajar pada anak,” kata Kapolsek.

”Kami siap berkoordinasi dengan pengawas dan Korwil untuk memprogramkan jadwal dalam mensukseskan kegiatan BDR ini,” tandasnya. (cr-fi)

Bagikan berita

2 Comments

  • Inovasi dan kolaborasi yang hebat.

  • Langkah yang bagus,semoga menghasilkan generasi cerdas di bawah bimbingan guru yang Prokes

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...