Kemenag Sumbawa Masih Tunggu Pembagian Kuota Haji 2023, Jamaah Tertunda Prioritas

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Kuota jamaah haji Indonesia tahun 2023 meningkat menjadi 221.000. Tahun sebelumnya hanya 100.051 jamaah.

Hal ini tertuang dalam MoU Kementrian Agama Republik Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi tertanggal 8 Januari 2023.

Namun berapa jumlah kuota masing-masing provinsi dan kabupaten/kota masih belum ditentukan. Kemenag Kabupaten Sumbawa masih menunggu pembagian kuota.

”Jadi kuota itu kan nanti akan ditetapkan berdasarkan provinsi berdasarkan kabupaten kota. Nah kuota itu nanti akan dikeluarkan secara resmi nanti oleh Kementerian Agama,” ungkap Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kabupaten Sumbawa, Ardi Suzami, Kamis (12/1/2023).

Ardi mengatakan, pemberangkatan jamaah haji tahun 2023 akan memprioritaskan calon jamaah haji tahun sebelumnya yang sempat tertunda.

Baca juga:  Barapan Ayam di Desa Uma Beringin Berhadiah Sapi: Ke Depannya Sepeda Motor

Tahun 2020 lalu, kata dia, Kementerian merilis 386 nama untuk diberangkatkan. Karena pandemi Covid-19 melanda, keberangkatan terpaksa ditunda ke tahun 2022.

Namun dari 386 orang, yang berhasil diberangkatkan hanya 180 orang. Kerena terbentur batas usia. Saat itu, Saudi menerapkan syarat usia jemaah haji 2022 di bawah 65 tahun.

Sementara sisanya 206 orang kini masuk dalam daftar tunggu keberangkatan haji tahun 2023. Saudi juga telah mencabut pembatasan usia jamaah haji 2023. Artinya jamaah di atas 65 tahun sudah bisa diberangkatkan.

Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji

Untuk diketahui, emerintah akan melakukan penyesuaian biaya haji. Masih belum ada rincian berapa biaya haji yang akan mengalami penyesuaian itu.

Baca juga:  LCMS Siap Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

Kemenag dan Komisi VIII DPR bakal menggelar rapat kerja untuk membahas hal itu. Namun sebagai perbandigan, biaya haji tahun 2022 Rp 41,7 juta. Setoran awal Rp 25 juta.

Untuk pelunasannya nanti akan menyesuaikan dengan biaya penyelenggaran ibadah haji di tahun berjalan.

Pembayaran haji bisa melalui tiga bank yaitu Bank Syariah Indonesia, Bank Muamalat dan Bank NTB Syariah. (Cr-Rrb)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...