Keren, Tahun Ini SMAN 2 Sumbawa Buka Jurusan Bahasa Asing

Bagikan berita

SUMBAWA – SMAN 2 Sumbawa akan membuka kelas baru untuk jurusan bahasa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Meliputi jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan jurusan Bahasa Mandarin.

Kepala SMAN 2 Sumbawa, Sahyuddin, S.Pd.,MA TESOL mengungkapkan, alasan dibentuknya jurusan bahasa lantaran masih sedikit sekolah di Sumbawa yang menerapkannya.

”Kenapa kita ingin membuka kelas bahasa, karena di Sumbawa ini hanya ada dua sekolah yang buka kelas bahasa. Yaitu SMAN 1 Utan dan 1 Plampang,” ungkap mantan Kepala SMAN 1 Utan ini kepada Samota Media di ruang kerjanya, Selasa (9/6/2020).

Di samping itu, SMAN 2 juga pernah menyandang predikat sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sementara ruh dari RSBI menurutnya adalah penguatan kemampuan berbahasa asing.

PPDB, SMAN 3 Sumbawa Hanya 9 Rombel

”Analisis kami SMAN 2 beberapa tahun yang lalu pernah menjadi salah satu sekolah RSBI. Dan salah satu ruh dari RSBI itu adalah penguatan bahasa asing. Inilah yang ingin kita bangkitkan lagi,” terang Deden, sapaan akrab kepala sekolah.

Alasan lainnya, sekolah ingin menampilkan brand. Sekolah yang sebelumnya interpreneursif akan diperkuat kembali dengan penguatan bahasa asing.

Namun tak pungkiri, dalam mewujudkan kelas bahasa ini pihak sekolah sedikit terkendala sumber daya. Karena guru bahasa Mandarin masih sulit dicari. Sehingga tahap awal akan lebih diperkuat pada bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Untuk mendukung program, pihak sekolah telah mengajukan ke Lembaga Indonesia Amerika untuk mendatangkan guru tamu. Namun ditunda lantaran terkendala covid-19. Solusinya memanfaatkan sumber daya yang ada. Termasuk kepala sekolah, mengingat ia juga jebolan Australia.

”Tahun ini juga kami akan mengajukan lagi ke Lembaga Indonesia Amerika untuk guru tamu tahun 2021 dan 2022. Jika guru tamu bisa datang maka mereka hanya sepuluh bulan di sekolah. Untuk itu kami akan bekerja sama dengan hotel dan parawisata di sini,” kata Deden.

Pihak sekolah optimis, awal dibukanya kelas bahasa akan banyak diminati. ”Program bahasa ini akan menjadi program unggulan yang ada di SMA 2, di samping jurusan-jurusan lain,” pungkasnya. (cr-abi)

Baja Juga : Beragam Teknologi Pendidikan akan Hadir di NTB?

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...