Kobarkan Semangat Literasi, PKBM Mandiri Desa Jotang Bangun TBM di Pamanto

Bagikan berita

SUMBAWA – Semangat literasi terus dikobarkan oleh Pengelolah PKBM Mandiri Desa Jotang. Pihak pengelolah kini buka cabang Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Desa Pamanto.

Lokasinya di Orong Unter, Desa Pamanto. Jaraknya sekitar 300 meter dari pemukiman warga.

Ketua PKBM Mandiri Desa Jotang, Edi Sofian mengatakan, pembukaan cabang sengaja dilakukan untuk mendekatkan bahan baca kepada masyarakat setempat.

”TBM Mandiri ini juga bertujuan untuk mendekatkan pelayanan,” kata Edi saat ditemui di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Selasa (08/06).

Ada sekitar 30 buku bacaan dengan judul beragam disiapkan. Buku tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Ada yang membahas masalah pertanian, peternakan hingga buku pelajaran untuk menambah wawasan anak-anak usia sekolah.

Baca juga:  Dikbud Beberkan Jumlah Kepsek Lowong hingga 2021, SD Paling Banyak

”Buku-buku ini berasal dari donasi pegiat literasi seluruh Indonesia,” terangnya.

Tak hanya sekedar menyiapkan bahan bacaan, pihak pengelolah juga menyediakan fasilitas internet. Film-film pendek bertemakan keterampilan dan vokasi juga diputarkan agar pengunjung tambah betah.

Di samping itu, pengelolah juga berencana membuat kebun holtikultura. Masyarakat dapat mempraktekkan langsung bagaimana cara bertani yang baik dan benar. Agar ke depannya, masyarakat bisa memetik manfaat secara ekonomi.

Meski masih baru dan fasilitas serba terbatas, lanjut Edi, masyarakat cukup antusias akan keberadaan TBM. Jumlah pengunjung per harinya tidak kurang dari 10 orang.

“Tujuan utama kami membuka cabang TBM ini, adalah untuk pemberdayaan masyarakat agar mereka dapat mandiri dalam mencukupi kebutuhannya selama pandemi. Yang tak kalah penting, meningkatkan literasi masyarakat di sana,” tandasnya. (Red)

Baca juga:  Wagub NTB Apresiasi Rekonstruksi 14 Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan Pasca Gempa di KLU

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...