KSN SD Digelar Secara Virtual, Ini Jadwal dan Tahapannya

Bagikan berita

SUMBAWA – Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SD tahun 2021 segera digelar. Sesuai jadwal, tahap penyisihan KSN dilaksanakan pada September 2021. Dilanjutkan dengan tahap nasional bulan November 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD, Mukhlis, S.Pd menjelaskan, kompetisi digelar secara virtual sejak tahun 2020 lalu.

Sejak itu, pelaksanaannya pun tidak lagi berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional. Pelaksanaan diambil alih Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud. Sehingga sekolah peserta terhubung langsung dengan Kemendikbud melalui link yang telah disediakan.

”Kabupaten dalam hal ini memfasilitasi. Posisinya sebagai narahubung antara sekolah dengan pusat. Kode registrasi untuk daftar kami yang berikan,” jelas Mukhlis.

Baca juga:  Minat Baca Anak Menurun, Pengawasan Orang Tua Melemah

Pendaftaran peserta KSN telah dibuka sejak awal Juni 2021. Menurutnya sudah ada beberapa sekolah yang mendaftarkan diri. Diantaranya, SDN 2 Sumbawa, SDIT Samawa Cendekia, SDN 2 Utan dan SDN Sukamaju.

”Mereka yang sempat minta kode registrasi. Tapi mungkin sudah banyak yang sudah daftar. Karena banyak juga sekolah yang sudah tau kode registrasi, dan mengakses langsung,” terangnya.

Jumlah peserta pada tahap penyisihan tidak dibatasi. Namun yang berhak melaju ke tahap nasional maksimal 6 orang per mata pelajaran untuk tiap provinsi. ”Matematika maksimal 6 orang, IPA maksimal 6 orang,” jelasnya.

Pelaksaan lomba terpusat di suatu tempat, seperti hotel. Peserta nantinya duduk di depan laptop atau komputer tanpa didampingi siapa pun. Sementara soal dikirim langsung dari Jakarta.

Baca juga:  SMK Gemilang Karya dan Rencana Kerja Dikbud NTB 2021

Prestasi Sumbawa dalam KSN terbilang bagus. Pada KSN 2020 lalu, Sumbawa yang diwakili SDIT Samawa Cendekia sukses melaju hingga tahap nasioal pada mata pelajaran IPA. Hanya saja belum berhasil meraih juara I. ”Kalau tidak salah peringkat empat nasional,” katanya.

Bermodal pengalaman, Mukhlis optimis Sumbawa tahun ini kembali tembus nasional. Sementara itu, Dikbud akan memberikan pembinaan intensif kepada siswa perwakilan agar prestasi KSN 2021 lebih baik dari tahun sebelumnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...