Lawan Corona, Pemdes Pelat Gencarkan Sejumlah Program

Bagikan berita

SUMBAWA – Pemerintah Desa Pelat Kecamatan Unter Iwes terus menggencarkan program melawan virus corona jenis baru atau Covid-19. Di samping sosialisasi kesehatan lingkungan, Pemdes bersama relawan covid setempat juga melakukan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan itu dilakukan di rumah-rumah warga dan fasilitas publik. Kemudian memasang tempat cuci tangan mandiri di setiap rumah penduduk, masjid dan di sejumlah fasilitas lainnya.

Sementara bagi warga yang baru pulang bepergian dilakukan pendataan. Pintu keluar masuk desa juga diperketat. “Kami telah melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan di lingkungan desa,” kata Kades Pelat, Herman kepada samotamedia.com Selasa, (14/4).

Kades Pelat, Herman berorasi menggunakan megaphone

Tidak hanya itu, Pemdes juga telah mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk pengadaan masker gratis. Sementara alokasi DD serta program padat karya untuk masyarakat terdampak belum bisa dilakukan lantaran terkendala pedoman tekhnis.

Baca juga:  Kelurahan Samapuin Dinilai Tim Lomba Kampung Sehat Provinsi

“Untuk penggunaan dana desa (Untuk masyarakat terdampak) masih menunggu pedoman dari dinas terkait. Karena harus bisa jalan bersamaan dengan desa yang lain. Jangan sampai tumpang tindih dengan kebijakan di atas” ujarnya.

Menurutnya, memutus mata rantai Covid-19 dibutuhkan kesadaran bersama. Oleh karenanya, himbauan pemerintah wajib dilaksanakan. ”Hindari kontak fisik, hindari keramaian, kurangi aktifitas di luar rumah kecuali sangat penting. Kami juga melarang keras membuat kegiatan melibatkan banyak orang,” pungkasnya. (MA)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...