Ledakan Aki, 100 Rumah di Baturotok Sumbawa Hangus Terbakar

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Sekitar 100 rumah di Desa Baturotok Kecamatan Batulanteh hangus terbakar. Peristiwa terjadi Sabtu (7/11/2020) sekitar pukul 16.10 wita.

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Sumbawa, kebakaran ini diduga akibat meledaknya aki disalah satu rumah warga setempat.

Api kian membesar dan meluas menyebabkan sekitar 100 rumah di tiga RT Dusun Batu Rotok 1 yang merupakan pemukiman padat penduduk ini hangus. Kobaran api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 19.24 Wita.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun kerugian material cukup besar.

Ada pun langkah langkah yang dilakukan BPBD Sumbawa yakni melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini.

Selain itu menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi.

Baca juga:  Seorang Ayah di Bima Setubuhi Anak Tirinya Sejak Kelas 6 SD

BPBD juga telah melaporkan kejadian itu kepada Bupati Sumbawa dan Gubernur NTB untuk mendapat petunjuk lebih lanjut. Sementara bantuan baik dari pihak Dinas, Mapolres Sumbawa,Kodim 1607/Sumbawa serta para donatur telah disalurkan ke lokasi kejadian.

Sejak berita ini dirilis, Kepala Desa Baturotok, Edi Wijaya Kusuma belum dapat dihubungi.

Warga Butuh Makanan Siap Saji, Tenda dan Selimut

Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Sumbawa melaporkan bahwa kebutuhan yang sangat mendesak korban kebakaran di Batu Rotok adalah makanan siap saji.

Ketua Tagana Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I, Sabtu (7/11/2020) malam ini mengatakan, selain makanan siap saji adalah kebutuhan mendesak lainnya yakni selimut, pakaian, beras, tenda pengungsian atau tenda gulung dan obat obatan.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Keluarkan Edaran Shalat Idul Fitri di Rumah

”Ini kebutuhan sementara, karena masih diinventarisir,” kata Dedi, seraya mengaku sudah mengkomunikasikannya dengan Dinas Sosial baik kabupaten maupun Provinsi NTB.

Menurut Dedi, malam ini logistik dari BPBD Provinsi NTB sudah bergerak menuju Sumbawa.

Logistik ini berupa terpal 250 lembar, selimut 250 lembar, peralatan keluarga 20 box, perlengkapan kebersihan 20 box, tikar 20 lebar dan paket sandang 50.

”Untuk logistik dari Dinas Sosial sudah kami koordinasikan dan sekarang mulai menginventarisir untuk mendistribusikan bantuan tanggap darurat,” tandasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...