Libatkan Ribuan Peserta, Dikbud NTB Gelar Karnaval-Nonton Bareng MXGP

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB menggelar sejumlah kegiatan besar dalam rangka menyambut MXGP of Indonesia Samota Sumbawa, 24-26 Juni 2022. Kegiatan dipusatkan di Kabupaten Sumbawa dari 19 hingga 23 Juni 2022.

Kegiatan tersebut meliputi pawai karnaval, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK-SLB tingkat provinsi NTB, pameran dan lomba inovasi SMK, pentas seni budaya hingga nonton bareng MXGP. Kegiatan itu melibatkan ribuan peserta.

Kepala Bidang SMK Dikbud Provinsi NTB, Khairul Ihwan mengungkapkan, kegiatan akan diawali dengan pawai karnaval pada 19 Juni yang akan diikuti 2000 peserta. Terdiri dari 1500 delegasi SMA, SMK, SLB dan KCD Dikbud Se-NTB. Sisanya adalah utusan dari SD dan SMP dalam Kota Sumbawa.

Kemudian dilanjutkan dengan LKS SMK-SLB. Pembukaan digelar di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan rencana akan dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah.

”Sisi peserta 392 orang sudah fix, jenis lomba sudah fix, pegampu lomba juga sudah fix. Peralatan (Lomba) beberapa disupport dari Lombok dan sekarang dalam proses pengangkutan,” kata Ihwan.

Untuk dikrtahui, ini LKS pertama yang digelar di Pulau Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa menjadi tuan rumah. Menurutnya, ini salah satu upaya Dikbud NTB dalam menyukseskan event akbar, MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022.

”Selain melihat MXGP, kita melihat perkembangan SMK di Sumbawa sudah cukup bagus, sarana memadai. Maka lomba yang dulu-dulunya di Pulau Lombok kita geser ke sumbawa,” ujarnya.

LKS juga digandeng dengan pameran dan lomba inovasi SMK. Kegiatan itu akan dipusatkan di Taman Mangga dari 20 hingga 21 Juni dengan menampilkan berbagai produk karya unggulan SMK Se-NTB.

Di saat bersamaan juga digelar pentas seni budaya di halaman Kantor Bupati Sumbawa. Berbagai pertunjukan menarik akan ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan nonton bareng MXGP.

Kegiatan tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan terus digencarkan. Menurut Ihwan, sejauh ini persiapan sudah 90 persen. Tinggal distribusi undangan dan pemasangan baliho.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat memancing semangat anak-anak muda untuk terus belajar serta pemacu pertumbuhan ekonomi dan industri di Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dikbud (KCD) Kabupaten Sumbawa, Nasrullah Darwis mengaku bersyukur atas terpilihnya Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah. Tentunya ini menjadi kebanggan sekaligus memberikan nilai tambah.

Dia mengungkapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Dia berharap dengan kolaborasi yang baik antar semua stake holder, kegiatan nantinya dapat berjalan lancar hingga akhir. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...