Lumbung Padi, Ikhtiar Ketahanan Pangan di Desa Pernek

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu salah satu kampung sehat di Sumbawa. Desa ini terdiri dari 4 Dusun dengan 617 KK.

Setiap rumah memiliki lumbung padi. Di samping sebagai upaya merawat warisan nenek moyang, lumbung padi juga salah satu bentuk ikhtiar pemerintah desa dalam menjaga ketahanan pangan.

Lumbung berfungsi sebagai tempat penyimpan hasil panen para warga. Mulai dari gabah, palawija hingga beras hasil penggilingan.

Kepala Desa Pernek, Drs. Saguni mengatakan, hampir setiap rumah warga terdapat lumbung padi. Karena dominan rumah panggung, lumbung padi dibuat di kolong-kolong rumah.

“Lumbung padi dibuat di bawah kolong rumah. Ada yang double, untuk menampung hasil panen keluarganya. Jika rumah permanen, dibuat khusus satu ruangan sebagai lumbung padi. Ada juga yang dibuat tersendiri berupa rumah kecil khusus tempat menampung hasil panen,” terang Saguni.

Baca juga:  Gubernur Tegaskan Pentingnya Peranan BUMDes

Selain lumbung padi, setiap rumah di desa yang sukses menjadi juara lomba kampung PHBS 2010 ini juga memiliki kebun gizin. Bahkan setiap pekarangan warga juga dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran.

“Di desa ini juga terdapat kebun gizi yang dikelolah oleh kelompok warga,” katanya.

Wakapolres Sumbawa, Kompol Fauzan Hadi, SH dalam kunjungannya ke Pernek mengaku salut dengan pola ketahanan pangan di Pernek.

“Bukan hanya ketahanan pangan, desa ini juga memiliki rumah isolasi mandiri, ruang mediasi, produktifitas UMKM, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi setiap orang yang masuk ke desa ini,” ucap Wakapolres, Senin (24/8/2020).

Di samping itu, Pernek juga dikenal dengan produk Poteng (tape). “Setiap tamu yang datang selalu disuguhkan dengan Jadi Poteng (tape dicampur susu kerbau),” ungkapnya.

Baca juga:  FK2D Akan Kawal Kasus Dugaan Penganiayaan Kades Lebin

Diungkapkannya, kedatangannya ke Pernek dalam rangka pemantauan pasca penilaian lomba kampung sehat belum lama ini.

“Kami tetap memantau beberapa kampung sehat di Sumbawa. Bukan sekedar mengikuti lomba namun benar-benar diterapkan berkesinambungan,” tegasnya.

Wakapolres tampak didampingi Kapolsek Moyo Hulu beserta anggota, Kasat Binmas, Kasubag Humas, serta Bhabinkamtibmas desa setempat. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...