Mahasiswa KKL-T UNSA Buat Pot Bunga dari Limbah Kain

Bagikan berita

Samotamedia.com – Tim Kuliah Kerja Lapangan Tematik (KKL-T) Universitas Samawa (UNSA) berhasil menciptakan karya menarik. Yakni pot bunga hias dari limbah kain.

Ketua Kelompok KKL-T UNSA, Andriansyah menjelaskan, pembuatan pot limbah bekas ini sangat mudah. Bahannya pun mudah didapat.

”Seperti handuk bekas, baju bekas dan bahan sejenisnya yang dapat dibentuk dalam hal pembuatan pot dari limbah bekas ini,” kata Andre, akrabnya disapa, Rabu (29/7/2020).

Dalam proses pembuatan pot, pertama campurkan semen dengan pasir dalam sebuah wadah seperti bak karet atau sejenisnya.

Kemudian masukan kain bekas tersebut dalam wadah lalu diaduk hingga merata. Sampai kain bekas benar-benar menyatu dengan pasir dan semen.

Baca juga:  Dikbud Sumbawa Siapkan Skema BDR Tahun Ajaran 2020/2021

”Kenapa kami mempergunakan limbah, sebab limbah bekas ini sangat mudah didapatkan dan tidak mengeluarkan biaya dalam pemenuhan bahan pembuatan pot tersebut,” katanya.

Dalam prakteknya, handuk dan baju bekas itu kumpulkan dari anggota kelompok. Baik yang tak lagi digunakan di kos ataupun di rumah masing-masing. Di samping itu, mahasiswa juga memanfaatkan tre telur bekas.

Diungkapkannya, ide pembuatan pot dari limbah ini berangkat dari diskusi panjang dalam hal penyusan program kelompok. ”Sehingga kami menemukan ide kreatif yaitu pembuatan pot limbah bekas tersebut,” tuturnya.

Setelah dicetak, pot-pot tersebut rencana dijual ke para pencinta taman hias. Terkait masalah harga, tergantung ukuran pot. Harganya mulai dari Rp25 ribu hingga Rp75 ribu per biji.

Baca juga:  3 Pelajar Positif Covid, Dikbud: Terkontaminasi di Luar Sekolah

”Target pemasaran karya kreatif kami ini kepada masyarakat dan fakultas yang berada di PTS Universitas Samawa,” pungkasnya. (cr-nre)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...