Mahasiswa KKN UNSA Ajari Warga Cara Bikin Minuman Herbal Ala Jokowi

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Mahasiswa Universitas Samawa (UNSA) jalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program berlangsung selama dua bulan, terhitung sejak 2 Agustus 2021 lalu hingga 2 Oktober 2021 mendatang.

Berbagai kegiatan ditelurkan pada KKN kali ini. Salah satunya, mengajarkan warga cara membuat minuman herbal guna menjaga daya tahan tubuh selama masa pademi Covid-19, sebagai yang dilakukan kelompok I KKN UNSA.

Sasaran program adalah ibu-ibu rumah tangga di RW 13, Kebayan Kelurahan Brang Biji. Kegiatan dipusatkan di rumah ketua RT 3 RW 13 Kebayan, belum lama ini.

”Kami mengadakan sosialisasi pembuatan minuman herbal, mengajar masyarakat di sekitaran RT 3 RW 13 Kebayan Kelurahan Brang Biji. Jumlah ibu-ibu yang ikut 15 orang,” ungkap ketua kelompok, Andrian Kasfari, Selasa (21/9/2021).

Baca juga:  PPDB, SMAN 4 Sumbawa Terima 6 Rombel

Minuman yang berkasiat menjaga dan meningkatkan imun tubuh itu, dinamakan minuman herbal ala Jokowi. Menurut Andrian, minuman herbal ini kerap diminum presiden Jokowi untuk menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi.

”Minuman herbal ini sering kali di konsumsi oleh bapak presiden kita bapak Jokowi,” kata perwakilan kelompok KKN bimbingan dosen Dr. Subhan Purwadinata, ME ini.

Bahan-bahan minuman herbal ala Jokowi ini relative mudah didapat. Cara pembuatan pun simple. Sediakan 8 potong temulawak, 6 potong kunyit, 3 potong jahe, 600 ml air.

Langkah selanjutnya, cuci bersih temulawak, kunyit dan jahe lalu kupas, kemudian dipotong-potong.

Setelah itu, rebus bahan dalam air ukuran 600 ml. Tinggu sampai air menyusut menjadi separuhnya. Jika rebusan minuman herbal sudah menyusut, maka matikan kompor. Saring jamu ke dalam cangkir, dan jamu siap diminum.

Baca juga:  Sekolah Penggerak Tahap II Diluncurkan, Ini Tahapan Seleksinya

”Untuk modifikasi rasa jamu yang agak sepat bisa dikurangi dengan tambahan sedikit gula merah atau madu,” bebernya.

Entah kapan pandemi berakhir. Karenanya, Andrian mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan disiplin protokol kesehatan. Menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan jaga jarak.

”Tubuh juga harus memiliki imunitas atau ketahanan yang baik. Rutin berolahraga, menghindari rokok dan alkohol, mengkonsumsi sayur dan buah serta meminum suplemen,” katanya.

”Suplemen bisa didapatkan salah satunya dengan meminum minuman tradisional yang terdiri dari campuran bahan-bahan alami,” tandasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...