Mengenal Lebih Dekat, Alwan Hidayat Kades Batu Tering Periode 2020/2026

Bagikan berita

SUMBAWA – Alwan Hidayat, S. Pd.I. Inilah Kades Batu Tering periode 2020/2026. Tak pernah terpikir olehnya untuk menjadi kepala desa. Bapak tiga anak ini justru ingin melanjutkan karir di dunia jurnalist, pasca gagal duduk di kursi Legislatif pada Pileg 2019 lalu.

Alwan Hidayat cukup lama bergelut di dunia ini (jurnalistik). Dia pernah bekerja di salah satu perusahaan media cetak lokal di Sumbawa. Bahkan satu tahun terakhir, dia justru tampil dengan perusahaan media sendiri. Namanya Manifesto News, salah satu media cetak mingguan di Sumbawa.

Tak seperti media lokal lainnya. Nama Manifesto News memang belum terlalu dikenal banyak orang. Sebagai media baru, pembacanya pun masih terbatas.

Alwan, begitulah akrab suami Suriyanah Ahmad ini disapa. Nama Alwan sudah tak asing lagi di mata sejumlah pejabat daerah maupun para aktifis di Sumbawa. Selain semasa kuliah menjadi kader aktif Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dia juga pernah aktif sebagai Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Sumbawa. ”Saya pernah jadi wakil ketua, pernah menjadi Sekjen di masa Bung Riki Trisnadi. Selain itu juga pernah menjadi Ketua DPD KNPI Sumbawa,” tuturnya.

Baca juga:  Banding Kades Lewintana Ditolak, Pemecatan Ardiansyah Dianggap Tidak Sah

Perjalanan Alwan sebagai Ketua DPD KNPI tak sepenuhnya berjalan mulus. Konflik besar yang terjadi secara nasional di tubuh KNPI, membuat KNPI mengalami dualisme kepemimpinan. Itu terjadi dari pusat hingga daerah. Termasuk di Sumbawa. Namun itu tidak lama. Alwan legowo melepas jabatannya, dan KNPI pun melebur jadi satu.

Niat Alwan berkarir di media terhenti. Alwan diusung tokoh masyarakat Batu Tering untuk menjadi calon Kepala desa. Dan pada Pilkades 4 Maret lalu, pria kelahiran Batu Tering, 13 Mei 1979 ini meraih suara terbanyak dengan perolehan 337 suara. Unggul 32 suara dari rival terberatnya, Abdullah M yang menempati posisi kedua dengan perolehan 305 suara. Sementara rival lainnya A Malik, S.Pd 266 suara, Mujiburrahman 156 suara dan Surjana 103 suara.

Alumni STIT NW Samawa 2009 ini telah dilantik pada 15 April lalu. Dengan visi Batu Tering SMART, Alwan siap membawa Batu Tering lebih baik ke depan. “SMART itu, selain bermakna cerdas, juga merupakan singkatan dari Sehat, Mandiri, Aman, Religius dan Transparan. Inilah yang menjadi sasaran pembangunan dalam periode 1 tahun dan 6 tahun yang termuat dalam RPJM Desa Batu Tering,” jelas ayah dari Adhwa Rizkiqa Ramadhan Hidayat ini.

Baca juga:  Sekda Minta Kades Optimalkan Penggunaan Dana Desa di Tengah Pandemi

Untuk mewujudkan Batu Tering SMART, tentu tak mudah. Dibutuhkan usaha keras serta sumberdaya aparatur yang handal. Oleh karenanya, dalam waktu dekat ayah Harakah Restu Bumi Hidayat dan Selatan Badrattmam Hidayat ini akan melakukan evaluasi terhadap kinerja perangkat desa. Di samping fokus terhadap penanganan Covid-19. ”Jika selama proses Pilkades ada perbedaan maka itulah Rahmat. Tapi seusai itu bersatu adalah amanat,” pungkasnya.

Ini pengalaman organisasi dan profil pendidikan Alwan Hidayat :

Menjabat Ketua BEM STIT MW Samawa 2006/2007. Ketua Umum PMII Cabang Sumbawa 2007/2008. Sekretaris DPD KNPI kabupaten Sumbawa 2008/2011. Menjadi Ketua DPD KNPI Sumbawa 2015/2018.

Di samping itu juga aktif di GP Ansor Sumbawa. Di Ansor dia pernah menjabat Sekretaris GP Ansor masa khidmat 2005/2019. Dia menamatkan sekolahnya di SDN batu tering 1992. Lanjut ke MTs Negeri Sumbawa tamat tahun 1995. Kemudian masuk SMEA mercury tamat tahun 1999. Lanjut ke STIT NW Samawa dan meraih gelar sarjana tahun 2009. (jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...