Menteri Agama Gus Yaqut Berkunjung ke Kota Bima

Bagikan berita

KOTA BIMA – Menteri Agama, H.Yaqut Cholil Qoumas berkunjung ke Kota Bima, Jum’at (12/3/2021). Kedatangannya disambut hangat oleh para pejabat pemerintah lingkup Kota dan Kabupaten Bima.

Gus Yaqut yang didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima pukul 10.45 Wita.

Kemudian disambut oleh Wali Kota Bima dan sejumlah pejabat Kementerian Agama (Kemenag) Kota dan Kabupaten Bima.

Kemudian, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bima beserta seluruh Badan Otonom (Banom) seperti GP Ansor, ISNU, LAZISNU hingga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bima.

Dari bandara, rombongan Menteri langsung menuju lokasi acara di Kantor Kemenag Kota Bima, dengan pengawalan ketat TNI-Polri serta Barisan Ansor Serba Guna (Banser).

Baca juga:  Polri Tangani 148 Perkara Perdagangan Orang Selama 2020

Dalam sambutannya, Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan terkait dengan tujuan kunjungannya.

”Pertama saya ingin silaturahmi dengan pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, dan kedua adalah agenda penyerahan aset pemerintah kota kepada kementerian Agama,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa pemerintah Kota Bima merencanakan pembangunan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Kota Bima.

“Itu sebabnya kenapa Pemerintah Kota Bima ingin menghibahkan 10 hektar tanah kepada Kementerian Agama,” terangnya.

Gus Yaqut mengatakan bahwa di Bima sangat perlu adanya IAIN sebagai laboratorium untuk mewujudkan keselarasan hidup bermasyarakat.

“Saya sudah pelajari, bagaimana kehidupan masyarakat Bima secara sosiologisnya, maka dari itu IAIN harus segera dibangun, bila perlu UIN,” tandas mantan Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor itu.

Baca juga:  JPS Gemilang, Antisipasi Dampak Ekonomi Akibat Corona

Diungkapkan pula terkait dengan kesiapan Menteri Agama dalam menganggarkan pembangunan IAIN nanti. “Pelaksanaannya bertahap, karena Anggara di Kementerian Agama banyak difokuskan untuk Covid,” jelasnya.

Usai Menteri Agama menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan acara penyerahan aset secara simbolis oleh Wali Kota Bima serta penandatangan Berita Acara oleh Wali Kota dan Kepala Kemenag Kota Bima. (Dir)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...