Meseum NTB Gelar Pameran Keliling, Wagub: Jangan Sekedar Penuhi Kewajiban

Bagikan berita

LOMBOK TIMUR – Museum Negeri NTB terus berupaya memperkenalkan museum kepada masyarakat. Salah satunya dengan membuat pameran keliling bertemakan Sejarah dan Kepurbakalaan NTB.

Pameran kali ini dipusatkan di Aula Birrul Walidain YPH PPD NWDI Pancor, Selasa (22/6/2021). Hadir langsung Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd dan Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy.

Rohmi meminta pihak museum untuk terus berbenah dan berinovasi agar masyarakat semakin tertarik berkunjung ke Museum.

Menurut Rohmi, museum harus didesain sebaik mungkin. Tidak sebatas tempat edukasi sejarah masa lampau, tapi juga sebagai tempat rekreasi yang indah dan nyaman.

”Hadirkan sesuatu yang memiliki inovasi dan daya tarik bagi pengunjung. Sehingga museum dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Rohmi saat membuka kegiatan.

Baca juga:  Dukung Kebijakan NTB Wajib Masker, L Budi Suryata: Itu Langkah Tepat

Rohmi berharap, pameran keliling tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban. Tapi menjadikan Museum NTB semakin dikenal. ”Tolak ukur keberhasilan pameran ini adalah respon dan antusias masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, museum juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Di era digital seperti saat ini, lanjut Rohmi, manfaatan media sosial sebagai sarana sosialisasi menjadi penting.

Bupati Lombok Timur (Lotim), H. M. Sukiman Azmy menyambut baik hadirnya pameran ini di wilayahnya. Menurutnya, Lotim memiliki banyak koleksi sejarah. Namun tidak terarsip dengan baik dan rapi.

Oleh karenanya, Bupati bertekat untuk membangun Museum di Lotim. “Sinergi dan kebersamaan dengan Pemrov agar dapat membantu merealisasikannya,” harap Bupati.

Sebelumnya, Kepala Museum Negeri NTB, Bunyamin menjelaskan, pameran keliling Museum Negeri NTB Tahun 2021 sudah teprogram.

Baca juga:  Gaji 13 Terganjal Juknis, Wirawan: Pusat Janji Agustus

Tujuan pameran, untuk mendekatkan dan memperkenalkan Museum kepada masyarakat di NTB. “Tujuan pameran ini untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga mengenal meseum NTB,” jelasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...