Mobil Listrik Buatan Anak NTB Masih Tahap Penyempurnaan

Bagikan berita

MATARAM – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah telah memperkenalkan salah satu terobosan program industrialisasi Pemprov NTB berupa pembuatan kendaraan listrik.

Ada beberapa type kendaraan listrik yang dikembangkan oleh putra-putri NTB. Roda empat, roda tiga dan roda dua. Masing-masing peruntukannya untuk mendukung aktifitas ekonomi, pariwisata dan transportasi.

Gubernur NTB bersama istri Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE, M.Sc pada Sabtu (6/6/2020) kemarin telah melakukan uji coba terhadap mobil listrik ini di Kantor Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

Gubernur memuji mobil listrik ini yang nyaman dan tidak berisik. ”Mobil listrik ini seperti mobil golf, tanpa suara dan tanpa polusi,” kata Gubernur.

Hebat! Anak NTB Ciptakan Mobil Listrik

Menurutnya, meskipun kendaraan ramah lingkungan ini masih butuh penyempurnaan, namun hasil karya ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa.

”Kendaraan ini sangat cocok untuk mendukung pariwisata NTB karena ramah lingkungan. Dengan motor dan mobil listrik, lingkungan kita akan tetap terjaga asri dan lestrasi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti, SE, ME mengatakan, mobil listrik ini merupakan hasil Bimtek Dinas Perindustrian yang bekerjasama dengan SMKN 1 Lingsar dan lima Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah ini.

Mereka telah mendapatkan pelatihan yang intensif agar skill yang dimiliki mampu mendukung mobil listrik yang sudah dicanangkan oleh Gubernur tersebut.

Selain dengan SMKN 1 Lingsar, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) juga menjadi mitra untuk pengembangan industri otomotif di NTB.

Ia mengatakan, kendaraan ini masih dalam tahap penyempurnaan. Sehingga jika muncul saran dan masukan terhadap kendaraan ini akan menjadi bahan perbaikan. ”Sehingga nantinya akan keluar prototype resmi kendaraan ini,” ujarnya.

Nuryanti mengatakan, saat ini masih dalam proses penyiapan infrastruktur lintas sektor. Misalnya Dinas Perindustrian menyiapkan kendaraan, Dinas Perhubungan yang bertanggung jawab terhadap standarisasi kendaraan, PLN menyiapkan infrastruktur energi, dan pihak terkait lainnya.

”Hasil diskusi kami dengan PLN bahwa PLN juga memiliki rencana untuk membangun kawasan transportasi hijau. Bagaimana menyediakan pengisian daya di sepanjang gardu-gardu listrik yang ada di NTB. Jadi dukungan PLN seperti itu nantinya,” kata Nuryanti.

Gubernur NTB Siapkan Beasiswa S3 Ilmu Hukum di Jabodetabek

Selain komunikasi dengan PLN untuk penyediaan pengisian daya, energi terbarukan juga sedang dipersiapkan sebagai energi alternatif alat transportasi listrik ini.

Ia menambahkan, pihaknya secara bertahap menyiapkan SDM untuk pembuatan mobil listrik ini dan mulai merintis pola pabrikasinya. Artinya setiap IKM akan menyiapkan satu jenis komponen tertentu.

”Ada IKM yang bagiannya merakit, ada IKM yang memproduksi onderdil dan lain sebagainya,” katanya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...

IKLAN