MUI Sumbawa Serukan Shalat Idul Fitri di Rumah

Bagikan berita

SUMBAWA – Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Ulama dan pimpinan Ormas se NTB menghimbau agar pelaksanaan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Kali ini ajakan serupa juga disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa.

”Kami MUI Kabupaten Sumbawa mengajak dan menghimbau, dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, khususnya di daerah Kita Sumbawa, mari agar pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H kita laksanakan di rumah masing-masing secara berjama’ah atau secara sendiri-sendiri,” seru Ketua MUI Sumbawa, Syukri Rahmat, S.Ag.

BACA JUGA: Ulama dan Pimpinan Ormas se-NTB Kompak Serukan Shalat Idul Fitri di Rumah

Tak dipungkiri bahwa hal ini memang sulit bagi umat islam, khususnya di Sumbawa. Namun ini adalah bentuk iktiar bersama demi kemaslahatan dan keselamatan bersama.

Baca juga:  Pemasangan Fiber Optik di Mandalika Target Tuntas September 2021

Ketua MUI menuturkan, kebijakan shalat Idul Fitri di rumah tidak lahir begitu saja. Melainkan dari diskusi panjang MUI dengan Pemerintah Daerah beserta Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Kabupaten Sumbawa.

Dari diskusi itu, keluarlah Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H agar pelaksanaannya dilakukan di rumah masing-masing secara berjama’ah atau secara sendiri-sendiri (munfarid).

SE ini, lanjutnya, lahir atas pertimbangan dari segala sisi. Terutama kondisi penyebaran Covid -19 di Sumbawa yang belum terkendali (zona merah).

”Percayalah, ini ikhtiar terbaik Kita untuk Samawa Tana Bulaeng kita tercinta. Untuk Indonesia kita yang juga kita cintai. Mari kesampingkan perdebatan dan perselisihan. Sekali lagi demi kemaslahatan dan keselamatan bersama,” tambah Ustadz Cuk, akrab ketua MUI disapa.

Baca juga:  Cium Aroma Kemenangan, Ini Harapan Masyarakat Lantung kepada Jarot-Mokhlis

Ustadz Cuk meyakinkan bahwa pelaksanaan shalat idul fitri di rumah tidak akan mengurangi pahala dan keberkahan shalat. Justru semakin menambah indah suasana dan beberkahan bagi rumah itu sendiri.

”Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Semoga amal ibadah Kita diterima oleh Allah SWT. Sehingga derajat ketaqwaan dapat sungguh-sungguh kita raih, dan kembali kita hadir menjadi manusia-manusia yang fitri,” katanya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...